Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang


Nopitahari, 3301405171 (2009) Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang] PDF (Pengaruh Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang) - Published Version
Download (10MB)

Abstract

Pencapaian prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kompetensi guru dan motivasi belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah di SMK Antonius Semarang diperoleh informasi bahwa guru mata pelajaran Peralatan Kantor sudah berkompeten. Begitu pula dengan motivasi belajar, siswa memiliki motivasi untuk mencapai prestasi belajar yang baik. Akan tetapi kenyataannya masih banyak siswa yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 7,0. Berdasarkan hal tersebut permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang, (2) adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang, (3) adakah pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sensus, sehingga semua populasi dijadikan sebagai sampel. Studi penelitian ini disebut sebagai studi populasi atau studi sensus. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu kompetensi guru (X1) dan motivasi belajar (X2) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS (Statistical Product and Service Solition) release 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dan motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan uji F yang diperoleh Fhitung = 21,490, sehingga H3 yang berbunyi ”Ada pengaruh kompetensi guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang” diterima. Pada pengujian secara parsial (uji t) untuk variabel kompetensi guru (X1) diperoleh thitung = 2,634, sehingga H1 yang berbunyi “Ada pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang” diterima. Untuk variabel motivasi belajar (X2) diperoleh thitung = 4,505, sehingga H2 yang berbunyi “Ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Peralatan Kantor Kelas X Jurusan Admnistrasi Perkantoran SMK Antonius Semarang” diterima. Secara simultan kompetensi guru dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 37,30%. Secara parsial pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar sebesar 9,36% dan pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 23,23%. Simpulan penelitian ini adalah kompetensi guru dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar baik secara simultan maupun parsial. Motivasi belajar (X2) mempunyai pengaruh yang lebih besar daripada kompetensi guru (X1) terhadap prestasi belajar (Y). Disarankan kepada guru hendaknya lebih meningkatkan kompetensi profesionalnya dengan menguasai materi pelajaran yang lebih luas dan mendalam lagi, menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi seperti metode simulasi, kuis, dan yang lainnya guna menghindari kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:43
Last Modified: 25 Apr 2015 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1854

Actions (login required)

View Item View Item