PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 DUKUHSETI PATI
Nur Okta Wiliani, 4001409042 (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 DUKUHSETI PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN PEMBELAJARAN IPA TERPADU MENGGUNAKAN LKS BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 DUKUHSETI PATI)
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi diperoleh fakta bahwa pembelajaran IPA di SMP N 1 Dukuhseti, diketahui masih belum terpadu. LKS yang digunakan juga belum terpadu, masih terpilah-pilah berdasarkan tiga mata pelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah pembelajaran IPA terpadu menggunakan LKS berbasis CTL efektif diterapkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dukuhseti. Metode penelitian yang digunakan adalahpenelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan control group pre-test post-test desain. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel atau 5,03 > 1,68 maka Ha (peningkatan hasil belajarsetelah diberipembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan LKS berbasis CTL) diterima. Kelompok eksperimen sebesar 100% mendapat nilai ≥ 70. Siswa yang aktif sebesar 80,28%dengan skor rata-rata 22,36 dengan skor maksimal 28. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran IPA terpadu menggunakan LKS berbasis CTL efektif diterapkan pada siswa kelas VII SMP N 1 Dukuhseti.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IPA terpadu, Lembar Kerja Siswa (LKS), Contextual Teaching and Learning(CTL) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | Users 22790 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2014 15:35 |
Last Modified: | 19 May 2014 15:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18537 |
Actions (login required)
View Item |