PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU BERPENDEKATAN SETS DENGAN TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA SMP


Hanna Ully Yunitasari, 4001409040 (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU BERPENDEKATAN SETS DENGAN TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU BERPENDEKATAN SETS DENGAN TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADU BERPENDEKATAN SETS DENGAN TEMA PEMANASAN GLOBAL UNTUK SISWA SMP)
Download (21MB) | Preview

Abstract

LKS merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman siswa dalam melaksanakan kegiatan atau kerja, baik yang bersifat perorangan maupun kelompok. Berdasarkan observasi, pembelajaran IPA di sekolah belum bersifat terpadu, selain itu jenis LKS IPA yang digunakan belum terpadu. LKS yang selama ini ada masih menggunakan LKS dari MGMP yang sedikit kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS IPA terpadu berpendekatan SETS serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan LKS IPA terpadu dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D) yang meliputi beberapa tahapan yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain LKS, validasi LKS oleh pakar, uji coba skala kecil, revisi LKS, uji coba skala besar, revisi LKS, dan LKS final (berupa LKS yang siap digunakan pada kelas pemakaian). Faktor yang diteliti adalah kelayakan LKS oleh pakar, angket tanggapan guru dan siswa tentang keterbacaan LKS, serta peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS layak digunakan dengan memperoleh rata-rata skor > 2,5 dari masing-masing pakar. Selain itu LKS juga menunjukkan peningkatan hasil belajar dilihat dari hasil analisis uji N-gain dan uji t yang menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS IPA terpadu berpendekatan SETS untuk siswa SMP telah terbukti layak digunakan dalam pembelajaran, dan LKS IPA terpadu berpendekatan SETS mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, IPA Terpadu, pendekatan SETS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:35
Last Modified: 19 May 2014 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18536

Actions (login required)

View Item View Item