HUBUNGAN MASA KERJA DAN SIKAP KERJA DENGAN KEJADIAN SINDROM TEROWONGAN KARPAL PADA PEMBATIK CV. PUSAKA BERUANG LASEM


Cris Purwandari Mulyawati Agustin, 6450408061 (2013) HUBUNGAN MASA KERJA DAN SIKAP KERJA DENGAN KEJADIAN SINDROM TEROWONGAN KARPAL PADA PEMBATIK CV. PUSAKA BERUANG LASEM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN MASA KERJA DAN SIKAP KERJA DENGAN KEJADIAN SINDROM TEROWONGAN KARPAL PADA PEMBATIK CV. PUSAKA BERUANG LASEM]
Preview
PDF (HUBUNGAN MASA KERJA DAN SIKAP KERJA DENGAN KEJADIAN SINDROM TEROWONGAN KARPAL PADA PEMBATIK CV. PUSAKA BERUANG LASEM)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Sikap kerja yang tidak alamiah dan cara kerja yang tidak ergonomis dalam waktu lama dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan pada pekerja salah satunya yaitu gangguan gerakan pada bagian tubuh tertentu seperti tangan atau disebut musculoskeletal. Salah satu gangguan musculoskeletal adalah sindrom terowongan karpal. Pembatik merupakan pekerja sektor informal, dimana pada saat membatik melakukan gerakan berulang, gerakan tangan dengan kekuatan, posisi fleksi dan ekstensi, posisi tangan statis, posisi bagian tubuh bagian atas dan bawah tidak ergonomis, sehingga menyebabkan stress pada jaringan disekitar terowongan karpal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan masa kerja dan sikap kerja dengan kejadian sindrom terowongan karpal pada pembatik CV. Pusaka Beruang Lasem. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pembatik di CV. Pusaka Beruang Lasem yang berjumlah 68 orang. Sampel penelitian berjumlah 22 responden. Instrument penelitian berupa kuesioner dan pengukuran tes phalen. Data dianalisis dengan uji Chi-square. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara masa kerja (p=0,029<0,05), sikap kerja (p=0,031<0,05) dengan kejadian sindrom terowongan karpal. Dari 22 sampel, 10 orang positif terkena sindrom terowongan karpal. Saran untuk pekerja Pekerja diharapkan dapat melakukan istirahat secara teratur setiap 15-20 menit dengan melekukkan dan meluruskan pergelangan tangan untuk mengurangi resiko sindrom terowongan karpal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Masa Kerja, Sikap Kerja, Sindrom Terowongan Karpal
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:36
Last Modified: 19 May 2014 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18531

Actions (login required)

View Item View Item