MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 5 SEMARANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR ELEKTRONIKA KOMPETENSI DASAR KONSEP DASAR ELEKTRONIKA


Imam Santoso Nugroho, 5301406018 (2013) MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 5 SEMARANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR ELEKTRONIKA KOMPETENSI DASAR KONSEP DASAR ELEKTRONIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 5 SEMARANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR ELEKTRONIKA KOMPETENSI DASAR KONSEP DASAR ELEKTRONIKA]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 5 SEMARANG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA DIKLAT DASAR-DASAR ELEKTRONIKA KOMPETENSI DASAR KONSEP DASAR ELEKTRONIKA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata diklat dasar-dasar elektronika merupakan mata diklat dasar untuk modal siswa mempelajari mata diklat selanjutnya dibidang elektronika. Hasil observasi awal di SMK Negeri 5 Semarang diperoleh data bahwa keaktifan siswa masih sangat kurang dan hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Pada kelas X TITL-2 memiliki indikasi belajar yang rendah dimana presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 33,33 %. Sebanyak 11 dari 33 siswa tidak tuntas dengan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa untuk mata diklat dasar-dasar elektronika kompetensi dasar konsep dasar elektronika, maka dilakukan penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran Jigsaw. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL-2 SMK Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2012/2013. Prosedur penelitian ini merupakan siklus kegiatan yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi di setiap akhir siklus dan lembar observasi aktivitas siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian diperoleh persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 61,93 %. Persentase keaktifan siswa pada siklus II sebesar 74,2 %. Adapun ratarata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,4 dengan persentase Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 60,60 %, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 76,60 dengan persentase Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 93,93 % Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata diklat dasar-dasar elektronika kompetensi dasar konsep dasar elektronika kelas X TITL-2 SMK Negeri 5 Semarang. Saran yang berkaitan dengan kegiatan ini, guru hendaknya lebih mempersiapkan kondisi kelas yang kondusif sebelum melaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran Jigsaw dan semua siswa diupayakan ikut aktif dalam kegiatan diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Jigsaw.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:36
Last Modified: 19 May 2014 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18526

Actions (login required)

View Item View Item