PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI 01 SEMAYA KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012


MAKMUR BAHARUDIN, 6102910179 (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI 01 SEMAYA KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI 01 SEMAYA KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (PENINGKATAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS IV SEMESTER II SD NEGERI 01 SEMAYA KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012)
Download (900kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui pendekatan permainan bola gantung dapat meningkatkan kemampuan passing bawah pada permainan bola voli pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Semaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah pada permainan bola voli melalui pendekatan permainan bola gantung pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Semaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan PTK. Subyek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani dan mitra peneliti dalam hal ini berperan sebagai observer atau pengamat selama pembelajaran berlangsung, sedangkan peneliti sendiri melaksanakan pembelajaran atau sebagai guru. Obyek penelitian ini adalah pembelajaran passing bawah dengan menggunakan pendekatan permainan bola gantung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar passing bawah siswa kelas IV SD Negeri 01 Semaya tahun pelajaran 2011/2012. Terbukti dari 36 siswa yang aktivitasnya kurang baik pada kegiatan prasiklus dengan rata-rata skor 2,15 pada siklus I meningkat menjadi 2,47 dan pada akhir siklus II menjadi 3,50 atau kualifikasi baik. Prestasi belajar passing bawah siswa kelas IV SD Negeri 01 Semaya tahun pelajaran 2011/2012. Terbukti ada peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa dari 33,33% pada kegiatan pra siklus menjadi 44,44% pada siklus I dan meningkat menjadi 80,56% pada akhir siklus II. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pendekatan permainan bola gantung dapat meningkatkan kemampuan passing bawah pada permainan bola voli pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Semaya Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Passing bawah, bola voli, bola gantung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 22:37
Last Modified: 19 May 2014 22:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18519

Actions (login required)

View Item View Item