STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PERTANIAN SUB SEKTOR TANAMAN PANGAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PDRB KABUPATEN PATI


Arif Syaifudin, 7450408055 (2013) STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PERTANIAN SUB SEKTOR TANAMAN PANGAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PDRB KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PERTANIAN SUB SEKTOR TANAMAN PANGAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PDRB KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PERTANIAN SUB SEKTOR TANAMAN PANGAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PDRB KABUPATEN PATI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya perencanaan merupakan sebuah upaya untuk mengantisipasi ketidakseimbangan yang terjadi pada sebuah keseimbangan awal. Salah satu peran perencanaan adalah sebagai acuan bagi proses pembangunan untuk berjalan menuju tujuan yang ingin dicapai. Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Komoditas tanaman pangan apa saja yang memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif di Kabupaten Pati, (2) Bagaimana perencanaan pengembangan sub sektor tanaman pangan berdasarkan kelengkapan infrastruktur yang dimiliki di Kabupaten Pati. Subjek dalam penelitian ini adalah komoditas tanaman pangan di Kabupaten pati. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Metode analisis data meliputi (1) Location Quotient (LQ), (2) Shift Share Esteban-Marquillas, (3) Tipologi Klassen, (4) Skalogram, (5) Overlay. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pengembangan komoditas padi terdapat di Kecamatan Kecamatan Sukolilo, Kecamatan Kayen, Kecamatan Pati, Kecamatan Gabus, dan Kecamatan Margorejo. Komoditas tanaman jagung Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Kayen. Komoditas tanamn kedelai Kecamatan kayen, Kecamatan Pati, dan Kecamatan Gabus. Komoditas tanaman kacang tanah Kecamatan Margorejo dan Kecamatan Gembong. Komoditas tanaman kacang hijau Kecamatan Pati, Kecamatan Gabus, dan Kecamatan Margorejo. Komoditas tanaman ubi kayu Kecamatan Gembong dan Kecamatan Margoyoso. Komoditas tanaman ubi jalar Kecamatan Winong, Kecamatan Pucakwangi, Kecamatan Jaken, Kecamatan Jakenan, dan Kecamatan Wedarijaksa. Sub sektor tanaman pangan yang memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif di tiap Kecamatan di Kabupaten Pati dapat dijadikan sebagai penyedia bahan baku untuk industri pertanian sehingga dapat memberikan nilai tambah dari produksi-produksi pertanian dan dapat memacu pertumbuhan ekonomi daerah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sub sektor tanaman pangan yang potensial dikembangkan di tiap kecamatan di Kabupaten Pati dapat menjadi arah pengembangan produksi komoditas sub sektor tanaman pangan dengan menjadikan kecamatan-kecamatan tersebut menjadi pusat produksi sub sektor tanaman pangan yang potensial agar arah pengembangan sektor pertanian ini lebih terfokus dan terkonsentrasi pada potensi wilayah sehingga pengembangan akan mudah tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Sektor Pertanian, Tanaman Pangan, PDRB
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 16:26
Last Modified: 19 May 2014 16:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18514

Actions (login required)

View Item View Item