Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Tabel dengan Menggunakan Metode S2QR dan Teknik Scanning pada siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Semarang


Mukaromatun, 2101405511 (2009) Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Tabel dengan Menggunakan Metode S2QR dan Teknik Scanning pada siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Tabel dengan Menggunakan Metode S2QR dan Teknik Scanning pada siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Semarang] PDF (Peningkatan Keterampilan Membaca Memindai Tabel dengan Menggunakan Metode S2QR dan Teknik Scanning pada siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Semarang) - Published Version
Download (74MB)

Abstract

Keterampilan membaca memberikan andil yang besar dalam kehidupan pendidikan dan dalam kehidupan masyarakat. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia, keterampilan membaca memindai tabel siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Semarang masih rendah. Rendahnya keterampilan siswa ini disebabkan oleh faktor internal yang berasal dari siswa dan faktor eksternal yang berasal dari guru, yaitu meliputi teknik, media, dan metode dalam mengajar. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan membaca memindai tabel siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Semarang digunakan metode S2QR dan teknik scanning. Berdasarkan latar belakang, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah peningkatan keterampilan membaca memindai tabel siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Semarang setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode S2QR dan teknik scanning, dan 2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Semarang setelah mendapatkan pembelajaran membaca dengan menggunakan metode S2QR dan teknik scanning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca memindai tabel dan perubahan perilaku siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Semarang setelah mendapatkan pembelajaran membaca memindai tabel dengan menggunakan metode S2QR dan teknik scanning. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi perkembangan penelitian di Indonesia terutama pada bidang penelitian tindakan kelas. Selain itu, penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi guru, siswa, dan sekolah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca memindai tabel siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Semarang sebanyak 39 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data tes dilakukan secara kuantitatif, sedangkan analisis data nontes dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca memindai tabel setelah mengikuti pembelajaran dengan metode S2QR dan teknik scanning setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode S2QR dan teknik scanning. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasl tes yang dilakukan pada siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Semarang yang meliputi tes prasiklus, tes siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 57,06. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,26 atau meningkat sebesar 24,85% dari rata-rata Prasiklus. Pada siklus II meningkat sebesar 15,72% dari rata-rata siklus I 71,26% menjadi 82,52%. Jadi peningkatan keterampilan membaca memindai tabel siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 44,49%. Peningkatan ini membuktikan keberhasilan pembelajaran membaca memindai tabel dengan menggunakan metode S2QR dan teknik scanning. Peningkatan keterampilan membaca memindai tabel ini diikuti dengan perubahan perilaku siswa kelas VII C SMP Negeri 4 Semarang. Perilaku siswa mengalami perubahan menjadi lebih baik. Pada siklus II siswa terlihat lebih tertarik mengikuti pelajaran membaca memindai tabel dengan menggunakan metode S2QR dan teknik scanning. Selain itu, siswa juga terlihat lebih aktif dan bersemangat dalam pembelajaran. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia hendaknya menggunakan metode S2QR dan teknik scanning pada pembelajaran membaca memindai tabel karena dengan pembelajaran ini terbukti dapat mendorong siswa aktif berfikir dan berusaha menemukan sendiri informasi dan mengaitkannya ke dalam dunia nyata; 2) siswa hendaknya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran membaca memindai tabel dengan semangat dan berperilaku positif sehingga siswa dapat menemukan informasi yang ada pada tabel; 3) peneliti dibidang pendidikan maupun bahasa dapat melakukan penelitian mengenai pembelajaran membaca memindai tabel dengan metode dan teknik pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca memindai tabel, metode S2QR, dan teknik scanning.
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:31
Last Modified: 25 Apr 2015 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1851

Actions (login required)

View Item View Item