STUDI DESKRIPTIF CITRA TUBUH (BODY IMAGE) PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL WANITA DEWASA MADYA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Yuliana Sulistiyo Rini, 1550408046 (2013) STUDI DESKRIPTIF CITRA TUBUH (BODY IMAGE) PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL WANITA DEWASA MADYA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI DESKRIPTIF CITRA TUBUH (BODY IMAGE) PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL WANITA DEWASA MADYA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (STUDI DESKRIPTIF CITRA TUBUH (BODY IMAGE) PADA PEGAWAI NEGERI SIPIL WANITA DEWASA MADYA DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Usia madya atau disebut juga usia setengah baya sebagai masa usia antara 40 sampai 60 tahun. Masa tersebut ditandai dengan perubahan-perubahan fisik dan mental. Perubahan fisik yang terjadi selama masa dewasa tengah mungkin sangat sulit bagi beberapa wanita. Akibat wanita dewasa madya mengevaluasi citra tubuh secara negatif dan mengaku tidak puas terhadap penampilannya. Citra tubuh (body image) adalah evaluasi dari pengalaman subjektif individu tentang persepsi, pikiran dan perasaan serta sikap terhadap penampilan tubuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran citra tubuh (body image) pada wanita dewasa madya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah wanita dewasa madya yang aktif bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Universitas Negeri Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini berusia 40 – 56 tahun sebanyak 80 orang yang bekerja sebagai tenaga administrasi, teknisi, laboran, dan pustakawan. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel citra tubuh (body image). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi, yaitu skala citra tubuh (body image). Validitas dan reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan SPSS 20. Analisis validitas menggunakan product moment dimana instrumen dinyatakan valid dengan koefisien validitas tertinggi sebesar 0,688 dan terendah sebesar 0,308. Analisis reliabilitas menggunakan koefisien, dalam penelitian nilai koefisien reliabilitas skala citra tubuh (body image) adalah 0,898. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra tubuh (body image) wanita dewasa madya yang bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil di Universitas Negeri Semarang berada pada kategori tinggi dengan presentase 67,5. Saran bagi Pegawai Negeri Sipil wanita dewasa madya yang memiliki citra tubuh (body image) positif hendaknya lebih siap dalam menghadapi perubahan fisik pada dewasa akhir terkait penurunan dalam penuaan fisik, kebugaran tubuh, kesehatan dan penyakit yang terjadi pada usia tersebut. Bagi peneliti selanjutnya bisa menghubungkan variabel citra tubuh (body image) dengan variabel yang lain untuk menambah pengetahuan mengenai citra tubuh (body image) itu sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: citra tubuh (body image), dewasa madya
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 16:31
Last Modified: 19 May 2014 16:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18507

Actions (login required)

View Item View Item