HUBUNGAN ANTARA MASA KERJA DAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA UNIT SPINNING I BAGIAN RING FRAME PT. PISMA PUTRA TEKSTIL PEKALONGAN

Andhika Puja Hutama, 6450408039 (2013) HUBUNGAN ANTARA MASA KERJA DAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA UNIT SPINNING I BAGIAN RING FRAME PT. PISMA PUTRA TEKSTIL PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA MASA KERJA DAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA UNIT SPINNING I BAGIAN RING FRAME PT. PISMA PUTRA TEKSTIL PEKALONGAN)
Download (1154Kb)

    Abstract

    Faktor pencemar pada industri tekstil salah satunya adalah debu kapas yang dapat mempengaruhi kesehatan tenaga kerja. Upaya pengendalian dapat dilakukan secara teknis, administratif dan secara medis apabila beberapa alternatif pengendalian mempunyai kendala pilihan untuk melengkapi tenaga kerja dengan alat pelindung diri menjadi suatu keharusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara masa kerja dan penggunaan alat pelindung dengan kapasitas vital paru pada pekerja unit spinning I bagian ring frame PT. Pisma Putra Tekstil Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pekerja unit spinning I bagian ring frame PT. Pisma PutraTekstil Pekalongan yang berjumlah 131 orang. Sampel penelitian berjumlah 43 responden. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan spirometer hutchinson. Hasil uji chi-square sebagai berikut: (1) Masa Kerja (p=0,000); (2) Penggunaan Alat Pelindung Diri Masker (p=0,028). Simpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara masa kerja dan penggunaan alat pelindung diri dengan kapasitas vital paru. Saran untuk pekerja diharapkan sadar untuk menggunakan alat pelindung diri masker berkaitan dengan banyaknya partikulat debu di tempat kerja yang dapat mengurangi kemampuan fungsi paru. sedangkan untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian sejenis namun dengan menambahkan variabel lain yang juga dapat mempengaruhi kapasitas vital paru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Masa Kerja, Alat Pelindung Diri, Kapasitas Vital Paru
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
    Fakultas: UNSPECIFIED
    Depositing User: nurellla perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2014 12:30
    Last Modified: 19 May 2014 12:30

    Actions (login required)

    View Item