TROUBLESHOOTING SISTEM PENGAPIAN INTEGRATED IGNITION ASSEMBLY ( IIA ) PADA TOYOTA GREAT COROLLA 1600 TAHUN 1992


Guntoro Ratri Adi, 5250308005 (2013) TROUBLESHOOTING SISTEM PENGAPIAN INTEGRATED IGNITION ASSEMBLY ( IIA ) PADA TOYOTA GREAT COROLLA 1600 TAHUN 1992. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TROUBLESHOOTING SISTEM PENGAPIAN INTEGRATED IGNITION ASSEMBLY ( IIA ) PADA TOYOTA GREAT COROLLA 1600 TAHUN 1992]
Preview
PDF (TROUBLESHOOTING SISTEM PENGAPIAN INTEGRATED IGNITION ASSEMBLY ( IIA ) PADA TOYOTA GREAT COROLLA 1600 TAHUN 1992)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terutama dalam bidang otomotif yang semakin pesat dan semakin besar telah mendorong perkembangan industri otomotif khususnya mobil. Berkembang pula sistem - sistem yang ada di dunia otomotif ataupun permobilan. Pada sistem pengapian telah dikembangkan beberapa jenis, salah satunya yaitu sistem pengapian Integrated Ignition Assembly ( I IA ). Pada Tugas akhir ini mengkaji sistem pengapian IIA dengan cara kerja sebagai berikut Pada saat mesin mati kunci kontak OFF arus dari baterai ketika kontak off tidak menuju igniter,coil,dan engine ECU sehingga tidak terjadi pengapian. Pada saat mesin mati kunci kontak ON arus dari baterai melewati IG2 kemudian menuju ignition koil dan igniter. Arus dari ignition koil menuju igniter, tetapi arus berhenti di igniter karena belum mendapat sinyal IGT. Pada saat mesin hidup arus dari baterai melewati IG2 kemudian menuju ignition koil,dan igniter. Ketika mesin berputar maka pick up koil menghasilkan arus pada NE (+) DAN NE (-) pada terminal ECU. Arus ini sebagai pemberi sinyal ke ECU BAHWA MESIN BERPUTAR. Kemudian ECU akan mengeluarkan arus pada terminal IGT sebagai perintah ke Igniter untuk meneruskan arus dari koil menuju Ground sehingga terjadi percikan bunga api. Kemudian arus balik dari koil setelah memercikan bunga api diterima igniter. Troubleshooting yang sering dialami oleh sistem pengapian IIA yaitu mesin sulit distart, mesin pincang, akselerasi lemah, dan koil pengapian putus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengapian I IA
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 16:30
Last Modified: 19 May 2014 16:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18504

Actions (login required)

View Item View Item