Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi dengan Bermain Lompat Tali pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Giripurno Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun 2012


Mardiyanto, 6102910174 (2012) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi dengan Bermain Lompat Tali pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Giripurno Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi dengan Bermain Lompat Tali pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Giripurno Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun 2012]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi dengan Bermain Lompat Tali pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Giripurno Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun 2012)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan lompat tiggi siswa kelas SD Negeri 1 Giripurno masih rendah dikarenakan proses pembelajaran kurang menarik, ketrampilan tehnik dasar lompat tinggi siswa masih rendah serta daya ledak ledak otot tungkai pada siswa yang rendah. Sehigga siswa kurang semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat tinggi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Giripurno Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus , dalam melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari beberapa langkah yaitu: (1) perencanaan( planning ) (2) tindakan ( action), (3) observasi (observing ) (4) refleksi (reflection ) dengan subjek penelitian Siswa kelas V SD Negeri 1 Giripurno yang berjumlah 21 orang. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi yang dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan instrumen yang digunakan menggunakan tes praktek untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat tinggi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Giripurno Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Teknik analisis data menggunakan statistik sederhana dengan analisa deskriptif kualitatif untuk mengungkap aspek psikomotorik, koqnitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil penelitian di siklus I diperoleh data observasi untuk guru 70,3% (baik) dan siklus II 84,4% (sangat baik). Data observasi siswa siklus I diperoleh dengan prosentase 72,5% (baik) dan siklus II diperoleh prosentase 84,4% (sangat baik), perilaku siswa (afektik ) silkus I memperoleh prosentase 89% ( baik ) dan siklus II dengan prosentase 91% ( sangat baik ), unjuk kerja siswa ( psikomotor ) diperoleh prosentase lulusan prasiklus 61,9%, siklus I 76,2% dan siklus II 90,5% . Dari hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru pendidikan jasmani di sekolah dasar dalam pembelajaran lompat tinggi dapat dilakukan dengan bermain lompat tali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar Lompat Tinggi dengan Bermain Lompat Tali
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 23:31
Last Modified: 19 May 2014 23:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18496

Actions (login required)

View Item View Item