PENGEMBANGAN KURIKULUM PKN DI MI AL IMAN DAN MI ROUDLOTUL HUDA SEMARANG


Citra Febrianti, 36301409074 (2013) PENGEMBANGAN KURIKULUM PKN DI MI AL IMAN DAN MI ROUDLOTUL HUDA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KURIKULUM PKN DI MI AL IMAN DAN MI ROUDLOTUL HUDA SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KURIKULUM PKN DI MI AL IMAN DAN MI ROUDLOTUL HUDA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan dalam dunia pendidikan harus mampu meningkatkan kualitas dari siswa, untuk mengikuti perkembangan tersebut sudah pasti perlu disertai dengan adanya pengembangan kurikulum pembelajaran oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas siswanya dengan menyesuaikan keadaan di masing-masing sekolah. Kurikulum sebagai substansi pendidikan didalam pelaksanaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa, keadaan sekolah, kondisi sekolah, dan daerah sekolah. Proses pengembangan kurikulum, melibatkan kepala sekolah, guru, maupun tenaga kependidikan lainnya. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Proses-proses yang perlu dilakukan oleh MI Al Iman dan MI Roudlotul Huda di dalam pengembangan kurikulum PKn, (2) Kendala yang dihadapi didalam proses-proses pengembangan kurikulum PKn di MI Al Iman dan MI Roudlotul Huda, (3) Upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan kurikulum PKn di MI Al Iman dan MI Roudlotul Huda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui proses pengembangan kurikulum PKn di MI Al Iman dan MI Roudlotul Huda, (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan kurikulum PKn di MI Al Iman dan MI Roudlotul Huda, (3) Untuk mengetahui apa saja upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan kurikulum PKn di MI Al Iman dan MI Roudlotul Huda. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, dan observasi. Fokus dalam penelitian ini adalah pengembangan kurikulum PKn di MI AL Iman dan MI Roudlotul Huda Semarang. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Proses pengembangan kurikulum PKn di MI AL Iman dan MI Roudlotul Huda Semarang dipengaruhi oleh kondisi guru, siswa, dan sarana yang disediakan madrasah, dan tidak terdapat perbedaan dengan pengembangan kurikulum PKn di sekolah formal lainnya, (2) kendala dalam proses pengembangan kurikulum PKn di MI AL Iman dan MI Roudlotul Huda Semarang disebabkan oleh perbedaan latar belakang siswa, jumlah sarana madrasah kurang memadai, alokasi waktu yang dirasa kurang untuk mengajar materi, KKM yang ditetapkan hanya setengah dari siswa yang lulus, (3) Upaya yang dilakukan guru menghadapi kendala tersebut dengan berkonsultasi dengan guru yang lebih berpengalaman ataupun berkonsultasi langsung dengan kepala madrasah, guru menambah referensi bahan belajar yang menerik untuk meningkatkan minat belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Madrasah dalam proses pengembangan kurikulum PKn sebaiknya sering mengadakan sosialisasi atau pelatihan-pelatihan untuk guru-guru PKn sebagai pribadi yang memiliki tanggung jawab langsung terhadap kemajuan siswanya mampu mengembangkan silabus dan RPP secara mandiri yang sesuai dengan kompetensi mengajarnya, (2) Madrasah sebaiknya menambah sarana guna mempermudah guru dalam proses pengembangan kurikulum PKn serta memperlancar pembelajaran dikelas, (3) Orangtua siswa sebaiknya lebih memperhatikan program-program madrasah, bila perlu ikut berperan aktif dalam proses pengembangan kurikulum guna meningkatkan kualitas belajar anak mereka di madrasah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, PKn, Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2013 11:37
Last Modified: 01 Nov 2013 11:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18493

Actions (login required)

View Item View Item