PERAN MASYARAKAT DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYYAH SELOPAJANG 02 DESA SELOPAJANG TIMUR KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG


Mita Lutfiyah, 3301409051 (2013) PERAN MASYARAKAT DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYYAH SELOPAJANG 02 DESA SELOPAJANG TIMUR KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN MASYARAKAT DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYYAH SELOPAJANG 02 DESA SELOPAJANG TIMUR KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG]
Preview
PDF (PERAN MASYARAKAT DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDAIYYAH SELOPAJANG 02 DESA SELOPAJANG TIMUR KECAMATAN BLADO KABUPATEN BATANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam era globalisasi ini membawa banyak perubahan baik perubahan positif maupun negatif oleh karena itu sangat diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam menghadapi pengaruh negatif yang muncul. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kemajuan pendidikan di sekolah sebagai sarana untuk menciptakan SDM yang berkualitas, salah satu faktor yang cukup penting yaitu dukungan dari masyarakat untuk sekolah. MI Selopajang 02 adalah salah satu sekolah yang bisa menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakatnya sehingga Sekolah ini mampu memperoleh dukungan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini akan menjawab beberapa rumusan masalah yaitu (1) faktor-faktor apa yang mempengaruhi masyarakat dalam memajukan pendidikan di MI Selopajang 02 Kecamatan Blado Kabupaten Batang (2) Peran apa yang diberikan oleh masyarakat dalam memajukan pendidikan di MI Selopajang 02 Kecamatan Blado Kabupaten Batang (3) Kendala-kendala apa yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan peran masyarakat untuk memajukan pendidikan di MI Selopajang 02. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Selopajang Timur, Kepala Desa Selopajang Timur. Informan penelitian disamping subjek, juga dari luar subjek yaitu guru MI Selopajang 02 dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu teknik triangulasi data. Teknik analisis data mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang diberikan masyarakat kepada sekolah karena masyarakat berpendapat bahwa kemajuan sekolah akan membawa kemajuan pada anak-anak mereka yang bersekolah di sekolah tersebut dan memberikan kemajuan di Desa Selopajang Timur. Sehingga dalam hal memberi bantuan masyarakat tidak menganggap berat. Meskipun masyarakat Desa Selopajang Timur tergolong dalam kondisi ekonomi menengah ke bawah. Peran yang diberikan oleh masyarakat Desa Selopajang Timur tidak sebatas hanya dengan peran dalam dana saja, peran yang diberikan antara lain, (1) Peran dalam ikut serta memberikan ide, pemikiran (2) Peran ikut mengawasi anak mereka dan berkonsultasi kepada sekolah jika ada masalah dengan anaknya (3) Peran dalam hal tenaga seperti ikut membantu membangun sekolah, bergotong royong menyiapkan acara sekolah seperti perpisahan kelas 6, agustusan (4) Peran dalam membantu mengajar pada saat ada acara keagamaan (5) Peran dalam penyediaan sarana dan prasarana untuk proses belajar mengajar (6) Peran selalu hadir dalam kegiatan rapat. Salah satu peran yang unik dilakukan di Sekolah ini adalah peran berupa penyediaan konsumsi guru setiap hari secara bergilir dan peran memberikan jimpitan berupa beras setiap Jum’at Kliwon yang nantinya akan digunakan untuk kegiatan keagamaan. Simpulan dari penelitian ini yaitu faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam ikut memajukan pendidikan di MI Selopajang 02 adalah demi kemajuan anak mereka agar menjadi anak yang pintar dan menjadi manusia yang berkualitas sehingga, masyarakat merasa MI Selopajang 02 merupakan sekolah sendiri yang harus dijaga kelangsungannya, faktor lain yang membuat masyarakat memberikan perannya karena masyarakat mempunyai harapan agar Desa Selopajang Timur mengalami kemajuan. Pelaksanaan peran tersebut dapat membawa sebuah kemajuan yang baik bagi pihak sekolah, baik kemajuan dibidang akademik, sarana dan prasarana serta yang terpenting adalah semakin baiknya hubungan antara sekolah dengan masyarakatnya. kendala yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan peran di Sekolah ini adalah kurangnya komunikasi antara masyarakat dengan sekolah sehingga menimbulkan ke salah pahaman yang bisa menjadikan hubungan keduanya kurang baik seperti yang telah terjadi belum lama ini Saran yang disampaikan yaitu (1) Bagi masyarakat Desa Selopajang Timur pertahankan peran yang sudah ada sejak dulu dan terus mendukung apa yang menjadi program sekolah serta memahami kemampuan sekolah jangan memaksakan kehendak (2) Bagi MI Selopajang 02 terus pertahankan hubungan yang baik dengan masyarakat, agar MI Selopajang 02 semakin maju serta lebih tegas dan cepat dalam menanggapi usul dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Masyarakat, Memajukan Pendidikan.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2013 11:33
Last Modified: 01 Nov 2013 11:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18490

Actions (login required)

View Item View Item