IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERAPAN SISTEM POIN DALAM MENGURANGI TINGKAT PELANGGARAN SISWA PADA SMA N 1 JEKULO KUDUS


Uly Inayati Taqiyya, 3301409024 (2013) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERAPAN SISTEM POIN DALAM MENGURANGI TINGKAT PELANGGARAN SISWA PADA SMA N 1 JEKULO KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERAPAN SISTEM POIN DALAM MENGURANGI TINGKAT PELANGGARAN SISWA PADA SMA N 1 JEKULO KUDUS]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENERAPAN SISTEM POIN DALAM MENGURANGI TINGKAT PELANGGARAN SISWA PADA SMA N 1 JEKULO KUDUS)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kenakalan remaja yang semakin meninggi terutama di lingkungan sekolah. Banyaknya siswa yang melanggar tata tertib sekolah menuntut sekolah untuk memberikan hukuman atau sebuah peringatan bagi si pelanggar. Untuk menghindari kekerasan fisik dan hukuman lain yang tidak mendidik, sekolah membuat kebijakan sistem poin. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah 1) jenis pelanggaran apa yang dominan dilakukan oleh siswa SMA N 1 Jekulo Kudus, 2) adakah keefektifan sistem poin dalam mengurangi tingkat pelanggaran siswa SMA N 1 Jekulo Kudus, 3) manfaat apa yang diperoleh setelah sekolah menerapkan sistem poin, 4) kendala-kendala apa yang dihadapi pihak sekolah dalam menerapkan sistem poin. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui jenis pelanggaran yang dominan dilakukan oleh siswa SMA N 1 Jekulo Kudus, 2) untuk mengetahui ada dan tidaknya keefektifan sistem poin dalam mengurangi tingkat pelanggaran siswa pada SMA N 1 Jekulo Kudus, 3) untuk mengetahui manfaat yang diperoleh setelah sekolah menerapkan sistem poin, 4) untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam menerapkan sistem poin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMA N 1 Jekulo Kudus. Informan penelitian adalah Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, kepala sekolah, perwakilan guru dan perwakilan siswa. Fokus penelitian ini adalah 1) penerapan sistem poin dalam tata tertib SMA N 1 Jekulo Kudus, 2) manfaat yang diperoleh setelah sekolah menerapkan sistem poin, 3) kendala-kendala penerapan sistem poin dalam tata tertib SMA N 1 Jekulo Kudus. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif fungsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) jenis pelanggaran yang dominan dilakukan siswa SMA N 1 Jekulo Kudus adalah terlambat dan tidak masuk sekolah tanpa keterangan. Hal itu disebabkan berbagai faktor, termasuk karakter anak itu sendiri yang susah diatur, 2) penerapan sistem poin sangat efektif untuk mengurangi tingkat pelanggaran siswa. Pelanggaran yang dilakukan siswa semakin hari semakin berkurang. Pelaksanaan sistem poin baru berjalan satu tahun, jadi belum berjalan maksimal. Masih ada siswa yang melanggar. Tetapi walupun sedikit, sistem poin sangat berpengaruh pada perilaku siswa, 3) manfaat yang diperoleh setelah penerapan sistem poin adalah membuat siswa lebih disiplin dan ada kejelasan tentang catatan pelanggaran siswa. Jadi dapat memudahkan untuk pemberian peringatan, 4) kendala-kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam penerapan sistem poin adalah karakter siswa dan kecenderungan siswa yang suka mengikuti trend. Selain itu juga kurangnya dukungan dari orang tua murid. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan sistem poin di SMA N 1 Jekulo Kudus belum berjalan maksimal, karena masih ada siswa yang melanggar tata tertib. Penerapan sistem poin mempunyai banyak manfaat terutama bagi siswa. Penerapan sistem poin juga tak luput dari kendala-kendala yang dihadapi pihak sekolah. Saran penulis agar penerapan sistem poin dimusyawarahkan kembali dan dilakukan evaluasi, agar pelaksanaan tahun berikutnya bisa berjalan maksimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebijakan, sistem poin, pelanggaran
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Nov 2013 11:19
Last Modified: 01 Nov 2013 11:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18483

Actions (login required)

View Item View Item