PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH ASURANSI JS. PROTEKSI EXTRA INCOME DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1992 TENTANG USAHA PERASURANSIAN (Studi di PT. Asuransi Jiwasraya)


Septiana Wahyu Triwidiyanti , 8111409026 (2013) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH ASURANSI JS. PROTEKSI EXTRA INCOME DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1992 TENTANG USAHA PERASURANSIAN (Studi di PT. Asuransi Jiwasraya). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH ASURANSI JS. PROTEKSI EXTRA INCOME DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1992 TENTANG USAHA PERASURANSIAN (Studi di PT. Asuransi Jiwasraya)]
Preview
PDF (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP NASABAH ASURANSI JS. PROTEKSI EXTRA INCOME DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 2 TAHUN 1992 TENTANG USAHA PERASURANSIAN (Studi di PT. Asuransi Jiwasraya))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berkembangnya zaman, kebutuhan masyarakat tentang asuransi juga ikut mengalami perkembangan. Oleh sebab itu banyak perusahaan asuransi hadir dengan menawarkan produk-produk unggulan yang memiliki inovasi baru, seperti PT. Asuransi Jiwasraya dengan produk unggulannya yaitu JS. Proteksi Extra Income, dimana produk asuransi tersebut merupakan produk dalam bidang deposito. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana perlindungan hukum terhadap nasabah asuransi JS. Proteksi Extra Income jika ditinjau dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian?; (2) Apa sajakah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh produk asuransi JS. Proteksi Extra Income jika dibandingkan dengan produk asuransi lainnya yang dikelola oleh PT. Asuransi Jiwasraya?; (3) Hambatan apa sajakah yang ditemui dalam memberikan perlindungan hukum terhadap nasabah asuransi berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian serta upaya apa sajakah yang dapat dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut? Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara dengan teknik keabsahan data triangulasi. Lokasi penelitian ini di kantor PT. Asuransi Jiwasraya Branch Office Ungaran Kabupaten Semarang. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian dan simpulan yaitu : (1) Perlindungan hukum merupakan suatu bentuk upaya yang dilakukan untuk memberikan pengayoman bagi masyarakat. Seperti halnya perlindungan hukum yang diberikan bagi nasabah asuransi JS. Proteksi Extra Income yang tertera dalam Lampiran Jaminan Tambahan Critical Illnes. Namun kenyataannya masih terdapat nasabah yang tidak mendapatkan haknya sesuai dengan yang tertera pada Lampiran Jaminan Tambahan Critical Illnes tersebut. Antara lain berupa tidak adanya keterbukaan informasi dan pencairan dana klaim yang tidak dapat dilakukan. ; (2) Produk asuransi JS. Proteksi Extra Income memiliki kelebihan yaitu berupa nilai deposito yang diberikan secara berkala bagi nasabahnya, sedangkan kekurangan yang dimiliki yaitu hanya dapat diikuti nasabah golongan masyarakat menengah ke atas saja, mengingat premi minimal pada produk asuransi ini adalah sebesar Rp. 50.000.000,00. ; (3) Undang-Undang Usaha Perasuransian dibentuk untuk mengatur kegiatan perasuransian, tetapi pelaksanaannya Undang-Undang tersebut belum efektif untuk memberikan perlindungan hukum bagi nasabah karena adanya ketidakjelasan tentang bentuk dari perlindungan hukum itu sendiri, sehingga dibutuhkan Undang-Undang lain yang selaras dan mampu untuk melengkapi Undang-Undang tersebut, yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Undang-Undang Perlindungan Konsumen mampu memberikan perlindungan hukum bagi nasabah sebagai pemakai jasa asuransi dengan cara mengatur hak dan kewajiban nasabah hingga upaya penyelesaian sengketa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum, nasabah asuransi, asuransi JS. Proteksi Extra Income.
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 16:34
Last Modified: 19 May 2014 16:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18482

Actions (login required)

View Item View Item