PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MENGGUNAKAN MEDIA PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MERGASANA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012

AJI SURAHMAN, 6102910166 (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MENGGUNAKAN MEDIA PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MERGASANA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI MENGGUNAKAN MEDIA PERSAWAHAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 1 MERGASANA KECAMATAN KERTANEGARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2012)
Download (4Mb)

    Abstract

    Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan Penggunaan media Persawahan dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar lari pada siswa kelas III SD N 1 Mergasana?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui sejauh mana aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar gerak dasar lari dengan mengggunakan media perswahan, 2) Untuk mengetahui sejauhmana aktivitas guru dalam proses belajar mengajar gerak dasar lari dengan menggunakan media perswahan, dan 3) Untuk mengetahui sejauhmana tingkat antusias siswa terhadap proses belajar mengajar gerak dasar lari dengan menggunakan media persawahan. Dalam pelaksanaan Penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas III SD N Mergasana yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisa data menggunakan penilaian lembar observasi aktivitas guru, penilaian lembar observasi aktivitas siswa, tes unjuk kerja siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar gerak dasar lari dengan menggunakan media perswahan di Sekolah Dasar Negeri 1 Mergasana Tahun 2012/2013, aktivitas siswa saat mengikuti pembelajaran pada siklus kedua mencapai 89%, aktivitas guru dalam mengajar gerak dasar lari dengan menggunakan media perswahan pada siklus kedua mencapai 84%. Mengacu dari hasil tersebut penulis memberikan kesimpulan yaitu : 1) Aktivitas guru dikategorikan aktiv dan aktivitas siswa di kategorikan sangat aktiv. Sedangkan respon siswa terhadap proses belajar mengajar gerak dasar lari dengan menggunakan media perswahan sangat puas. Peneliti juga mengajukan saran yaitu : 1) Bagi siswa, tunjukanlah semangat belajar kalian dalam kondisi dan situasi apapun, karena sesungguhnya belajar itu menyenangkan, tapi hanya pelajar yang bisa membuatnya begitu, dan 2) Bagi guru, galilah potensi kreaktif kalian dengan memanfaatkan sumber yang ada di sekeliling kita untuk memberikan proses belajar mengajar yang menyenangkan bagi siswa dan guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Gerak Dasar Lari Menggunakan Media Persawahan
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: sriningwismi perpus unnes
    Date Deposited: 19 May 2014 13:01
    Last Modified: 19 May 2014 13:01

    Actions (login required)

    View Item