PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA FOTOSINTESIS BERBASIS LEARNING CYCLE UNTUK SISWA SMP


Maylinda Uti Maharani, 4001409035 (2013) PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA FOTOSINTESIS BERBASIS LEARNING CYCLE UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA FOTOSINTESIS BERBASIS LEARNING CYCLE UNTUK SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM IPA TERPADU TEMA FOTOSINTESIS BERBASIS LEARNING CYCLE UNTUK SISWA SMP)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMPN 15 Semarang, guru belum memiliki petunjuk praktikum yang merangkum setiap kegiatan yang akan dipraktikumkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan suatu petunjuk praktikum yang berbasis suatu model yang cocok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan petunjuk praktikum IPA terpadu tema fotosintesis berbasis learning cycle untuk siswa SMP dengan hasil belajar dan aktivitas siswa sebagai data tambahan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan uji coba skala kecil pada kelas VIII F dan skala besar pada VIIIG. Hasil penelitian menunjukkan petunjuk praktikum valid dan layak digunakan dengan memperoleh rata-rata skor > 2,5 dari masing masing ahli. Setelah melakukan perhitungan dengan rumus n gain didapatkan nilai n gain klasikal sebesar 0,64 (sedang), dengan persentase ketuntasan klasikal adalah 100%. Hasil aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan kedua dengan rata-rata 87,87% siswa tergolong dalam kategori “aktif” dan “sangat aktif”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa petunjuk praktikum IPA terpadu tema fotosintesis berbasis learning cycle untuk siswa SMP telah terbukti valid dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: petunjuk praktikum, IPA terpadu, learning cycle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:01
Last Modified: 19 May 2014 17:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18472

Actions (login required)

View Item View Item