Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak siswa Kelas IX-D SMP N 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan Proses Latihan Terbimbing Melalui Media lagu ”Stasiun Balapan”


Armi Aprilianingsih, 2102405550 (2009) Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak siswa Kelas IX-D SMP N 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan Proses Latihan Terbimbing Melalui Media lagu ”Stasiun Balapan”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak siswa Kelas IX-D SMP N 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan Proses Latihan Terbimbing Melalui Media lagu ”Stasiun Balapan”] PDF (Peningkatan Keterampilan Menulis Cerkak siswa Kelas IX-D SMP N 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan Pendekatan Keterampilan Proses Latihan Terbimbing Melalui Media lagu ”Stasiun Balapan”) - Published Version
Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran menulis sastra mempunyai peranan penting dalam mata pelajaran bahasa Jawa. Salah satunya adalah siswa dapat menulis cerkak. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Jawa, diketahui bahwa keterampilan siswa dalam menulis cerkak masih rendah, karena media pembelajaran yang digunakan guru masih kurang sesuai. Guru masih menerapkan pola pembelajaran konvensional sehingga tidak ada variasi dalam pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran yang sesuai dan menarik. Peneliti memberikan solusi dengan menggunakan media lagu Stasiun Balapan. Sehubungan dengan hal tersebut, maka permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerkak siswa kelas IX-D di SMP N 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan pendekatan keterampilan proses latihan terbimbing melalui media lagu Stasiun Balapan?; (2) bagaimanakah perubahan perilaku siswa dalam proses pembelajaran menulis cerkak siswa kelas IX-D di SMP 3 Welahan Kabupaten Jepara dengan pendekatan keterampilan proses latihan terbimbing melalui media lagu Stasiun Balapan? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui seberapa besar peningkatkan hasil belajar siswa kelas IXD di SMP Negeri 3 Welahan setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses latihan terbimbing melalui media lagu Stasiun Balapan; (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas IX-D di SMP Negeri 3 Welahan terhadap pembelajaran menulis cerkak dengan penerapan pendekatan keterampilan proses latihan terbimbnig melalui media lagu Stasiun Balapan. Variabel yang diungkap dalam penelitian ini adalah variabel keterampilan menulis cerkak, variabel pendekatan keterampilan proses latihan terbimbing dan variabel media lagu Stasiun Balapan. Desain penelitian ini merupakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik analisis data yang digunakan secara kuantitatif untuk data tes dan secara kualitatif untuk data nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman jurnal. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada kegiatan prasiklus, guru menggunakan cara pembelajaran yang masih konvensional sehingga hasil yang dicapai siswa dalam tahap ini adalah 60,34. Kemudian dilaksanakan siklus I dengan pemberlakuan pendekatan keterampilan proses latihan terbimbing melalui media lagu Stasiun Balapan hasilnya adalah 71,42. Akan tetapi dalam siklus I terdapat beberapa kendala yaitu siswa kurang berlatih menulis terutama menulis cerkak melalui lagu Stasiun Balapan yang masih jarang digunakan sehingga siswa butuh penyesuaian dengan media pembelajaran tersebut. Dari kesulitan yang dihadapi, guru mencoba memberikan solusi kepada siswa, supaya pembelajaran selanjutnya di siklus II dapat diperbaiki. Guru menjelaskan bahwa untuk megubah sebuah teks menjadi sebuah cerkak itu dengan memahami isi cerita lagu tersebut, sehingga dapat menerapkan unsur-unsur yang ada dalam cerkak. Pada siklus II hasil tes siswa mencapai angka 76,91. Sementara untuk perubahan tingkah laku siswa dapat dilihat berdasarkan hasil data nontes siklus I, yaitu masih tampak perilaku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II perilaku negatif siswa semakin berkurang dan perilaku positif siswa semakin bertambah. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan antara lain (1) guru mata pelajaran bahasa Jawa kiranya dapat memanfaatkan media lagu sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran; (2) para peneliti di bidang bahasa dan sastra dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan media pembelajaran yang berbeda, sehingga didapatkan berbagai alternatif media pembelajaran menulis cerkak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nulis cerkak, pendekatan keterampilan proses latihan terbimbing lan media tembang Stasiun Balapan
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:13
Last Modified: 25 Apr 2015 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item View Item