HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN DALAM BELAJAR DENGAN OPTIMISME SISWA DALAM MENGERJAKAN UJIAN DI SMA NEGERI 3 PEKALONGAN


Upik Yunia Rizki, 1550408015 (2013) HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN DALAM BELAJAR DENGAN OPTIMISME SISWA DALAM MENGERJAKAN UJIAN DI SMA NEGERI 3 PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN DALAM BELAJAR DENGAN OPTIMISME SISWA DALAM MENGERJAKAN UJIAN DI SMA NEGERI 3 PEKALONGAN]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA KESIAPAN DALAM BELAJAR DENGAN OPTIMISME SISWA DALAM MENGERJAKAN UJIAN DI SMA NEGERI 3 PEKALONGAN)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena mengenai kurangnya rasa optimisme yang dimiliki oleh siswa ketika mengerjakan ujian di SMA Negeri 3 Pekalongan. Penyebabnya antara lain kurangnya persiapan-persiapan dalam belajar yang dimiliki oleh siswa, kurangnya perhatian terhadap belajarnya dan kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Hal ini menggambarkan bahwa siswa mempunyai kesiapan dalam belajar yang kurang saat akan menghadapi ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Kesiapan dalam belajar dengan optimisme siswa dalam mengerjakan ujian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek pada penelitian ini berjumlah 105 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Optimisme siswa dalam mengerjakan ujian diukur menggunakan skala optimisme siswa dalam mengerjakan ujian. Skala optimisme siswa dalam mengerjakan ujian terdiri dari 41 item yang valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,328 sampai 0,666. Kesiapan dalam belajar diukur menggunakan skala kesiapan dalam belajar. Skala kesiapan dalam belajar terdiri dari 33 item yang valid dengan rentang koefisien validitas dari 0,327 sampai 0,668. Uji korelasi menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan variabel optimisme dalam mengerjakan ujian tergolong dalam kategori tinggi, sedangkan kesiapan dalam belajar tergolong dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kesiapan dalam belajar dengan optimisme siswa dalam mengerjakan ujian. Korelasi antara kesiapan dalam belajar optimisme siswa dalam mengerjakan ujian diperoleh koefisien r = 0,657 dengan signifikansi atau p = 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa kesiapan dalam belajar dengan optimisme siswa dalam mengerjakan ujian saling mempengaruhi dimana semakin tinggi kesiapan dalam belajar semakin tinggi pula optimisme siswa dalam mengerjakan ujian begitu juga sebaliknya semakin rendah kesiapan dalam belajar semakin rendah pula optimisme siswa dalam mengerjakan ujian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan dalam Belajar, Optimisme siswa dalam mengerjakan ujian
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:49
Last Modified: 19 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18465

Actions (login required)

View Item View Item