PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH


Sugianto, 4001409032 (2013) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LKS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA TEMA FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH)
Download (18MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA harus memberikan pengalaman belajar bagi siswa melalui kerja ilmiah. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembelajaran IPA yang dilaksanakan di SMP N 1 Wonosalam didapat hasil bahwa, guru kurang mengajarkan siswa didalam proses berpikir dan menemukan pengetahuannya sendiri melalui kerja ilmiah. Selain itu, LKS yang digunakan dalam pembelajaran belum berperan maksimal dalam melatih siswa melakukan penyelidikan dan proses ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis keterampilan proses sains yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA pada tema fotosintesis. Peneliti berasumsi LKS yang dikembangkan dengan basis keterampilan proses sains, efektif dalam meningkatkan kemampuan kerja ilmiah siswa. Proses penelitian dan pengembangan dimulai dengan perancangan desain LKS, proses validasi pakar, meliputi pakar media, pakar bahasa dan pakar materi, tanggapan guru dan siswa terhadap LKS. Hasil validasi penyajian LKS melalui angket oleh pakar media mendapat skor 3, dari pakar bahasa mencapai skor 3,8 dan dari pakar materi mencapai skor 3,4. Hasil angket tanggapan positif diperoleh dari guru terhadap LKS berbasis keterampilan proses sains sebesar 92,9% dan tanggapan siswa sebesar 95,8%. Uji coba produk yang dikembangkan dilaksanakan di SMP N 1 Wonosalam Demak. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling menghasilkan kelas VIIIE. Kemampuan kerja ilmiah siswa lebih dari 85% secara klasikal masuk dalam kriteria baik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKS berbasis keterampilan proses sains layak digunakan dalam pembelajaran IPA pada tema fotosintesis dan efektif dalam meningkakan kerja ilmiah siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, Keterampilan Proses Sains, Kerja Ilmiah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:49
Last Modified: 19 May 2014 17:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18464

Actions (login required)

View Item View Item