PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA ENERGI DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA SMP


Feby Rizka Ayuning Wulandari, 4001409030 (2013) PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA ENERGI DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA ENERGI DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA SMP]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA TERPADU TEMA ENERGI DALAM KEHIDUPAN UNTUK SISWA SMP)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya tuntutan pelaksanaan pembelajaran terpadu pada mata pelajaran IPA di tingkat SMP/ MTs. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Kaliwungu Kabupaten Semarang, menyebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA belum diterapkan secara terpadu karena belum adanya guru dan bahan ajar berupa media pembelajaran IPA terpadu. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran IPA terpadu yang dikemas dalam bentuk CD interaktif. Media yang dikembangkan dapat memberi ragam atau variasi belajar terhadap siswa, sehingga siswa akan lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media CD interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan. Uji coba menggunakan CD interaktif di laksanakan pada sampel kelas VIII. Data yang diambil adalah data penilaian oleh pakar, angket tanggapan guru dan siswa, serta hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian pakar memperoleh persentase sebesar 92% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil angket tanggapan guru memperoleh persentase sebesar 83% dengan kriteria “sangat baik” pada uji skala kecil, dan 100% pada uji skala besar dengan kriteria “sangat baik”. Hasil angket tanggapan siswa pada uji coba skala kecil memperoleh persentase sebesar 90% dengan kriteria “sangat baik”, dan 95,2% pada uji coba skala besar dengan kriteria “sangat baik”. Hasil belajar siswa menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 92% dengan nilai ≥73. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media CD interaktif layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, CD interaktif, IPA terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:50
Last Modified: 19 May 2014 17:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18462

Actions (login required)

View Item View Item