EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADUTEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PENANAMAN NILAI KARAKTER DAN PEMAHAMAN KONSEP


Rizqi Utami, 4001409019 (2013) EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADUTEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PENANAMAN NILAI KARAKTER DAN PEMAHAMAN KONSEP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADUTEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PENANAMAN NILAI KARAKTER DAN PEMAHAMAN KONSEP]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA SISWA (LKS) IPA TERPADUTEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PENANAMAN NILAI KARAKTER DAN PEMAHAMAN KONSEP)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan menggunakan LKS IPA Terpadu pada tema pencemaran lingkungan terhadap penanaman nilai karakter dan pemahaman konsep siswa kelas VII.Sampel yang diambil adalah siswa SMP Negeri 1 Tempuran kelas VII semester genap tahun ajaran 2012/2013. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control design dengan yang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan LKS IPA Terpadu pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran tanpa menggunakan LKS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi dan tes. Data yang diambil adalah hasil observasi pengukuran nilai karakter dan pemahaman konsep yang berupa hasil belajar kognitif. Nilai karakter siswa diperoleh melalui pengamatan dan hasil belajar kognitif diperoleh melalui tes.Berdasarkan hasil analisis data penelitian yang telah dilakukan dapat dilihat bahwa nilai karakter dan hasil belajar kognitif kelaseksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai karakter komunikatif sebesar 88, rasa ingin tahu sebesar 86,9 dan kreatif sebesar 78,3 pada kelas eksperimendan pada kelas kontrol rata-rata nilai karakter komunikatif sebesar 78,1, rasa ingin tahu sebesar 71,8 dan kreatif sebesar 63,1. Sedangkan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen sebesar 88,63 dan 80,19 pada kelas kontrol. Analisis uji signifikansi melalui uji t pihak kanan dengan α = 5% menghasilkan nilai thitung sebesar 4,82 dan ttabel sebesar 2,00 yang artinya hasil belajar kognitf siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan LKS IPA Terpadu Tema Pencemaran Lingkungan efektif terhadap penanaman nilai karakter dan pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, IPA Terpadu, Karakter.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:55
Last Modified: 19 May 2014 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18456

Actions (login required)

View Item View Item