PENERAPAN PERMAINAN GARDEN GATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH SISWA KELAS IV SDN GISIKDRONO 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012”


Wiyono, 6102910101 (2012) PENERAPAN PERMAINAN GARDEN GATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH SISWA KELAS IV SDN GISIKDRONO 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN PERMAINAN GARDEN GATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH SISWA KELAS IV SDN GISIKDRONO 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012”]
Preview
PDF (PENERAPAN PERMAINAN GARDEN GATE UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH SISWA KELAS IV SDN GISIKDRONO 02 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2011/2012”)
Download (875kB) | Preview

Abstract

Realita di lapangan guru kurang bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran. Dalam proses pembelajaran lompat jauh di kelas IV SDN Gisikdrono 02 Semarang, guru cenderung mengajar dengan menerapkan metode ceramah dan praktek dengan pembelajaran yang berpusat padea guru sehingga siswa mengalami kejenuhan karena hanya interaksi searah yang terjadi. Guru belum melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Siswa yang aktif cenderung siswa yang sama dalam setiap pembelajaran. Kebanyakan siswa yang lain lebih memilih pasif selama mengikuti proses belajar mengajar. Hal tersebut membuat sebagian besar siswa tidak dapat menerima dan merespon materi secara maksimal , keaktifan siswa siswa kurang, suasana pembelajaran tidak menyenangkan serta membuat hasil belajar siswa cenderung rendah. Hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil belajar penjasorkes materi lompat jauh pada nilai rata-rata formatif awal Desember kelas IV tahun pelajaran 2011/2012 sebesar 66 padahal kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran penjasorkes kelas IV SDN Gisikdrono 02 Semarang tahun pelajaran 2011/20112 adalah 75. Upaya meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran lompat jauh perlu ditempuh salah satunya dengan menggunakan penerapan permainan garden gate. Dengan penerapkan permainan garden gate seluruh siswa diharapkan akan lebih merespon, terlibat aktif dalam proses pembelajaran, suasana menyenangkan serta hasil belajar pun diharapkan meningkat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapkan permainan garden gate untuk Meningkatkan Hasil pembelajaran lompat jauh Siswa Kelas IV SDN Gisikdrono 02 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Metode penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi penelitian inid dilakukan pada siswa kelas IV SDN Gisikdrono 02 Semarang, sejumlah 36 siswa dengan dua siklus penelitian. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, obserfasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Rata-rata hasil belajar lompat jauh sebesar 74 ketuntasan baru mencapai 74%. Pembelajaran pada siklus ini hampir mencapai tujuan yang diharapkan guru, yaitu 75%, meningkat pada siklus II ini sebesar 80 ketuntasan sudah mencapai 80% yang menunjukkan bahwa hasil pembelajaran sudah mencapai tujuan yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan permainan garden gate dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa. Saran untuk guru (1) meskipun penelitian tindakan kelas ini hanya dua siklus dan mencapai indikator yang ditetapkan, namun guru hendaknya menerapkan berbagai pembelajaran secara variatif, serta mengadakan penelitian selanjutnya untuk lebih meningkatkan, hasil belajar siswa (2) penerapan permainan garden gate dapat diterapkan dalam kasus serupa dikelas lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Garden Gate, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 17:55
Last Modified: 19 May 2014 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18452

Actions (login required)

View Item View Item