Penerapan Strategi LSQ (Learning Start With a Question) dan IS (Information Search) pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa


Mukhamad Jafar, 4401404005 (2009) Penerapan Strategi LSQ (Learning Start With a Question) dan IS (Information Search) pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Strategi LSQ (Learning Start With a Question) dan IS (Information Search) pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa] PDF (Penerapan Strategi LSQ (Learning Start With a Question) dan IS (Information Search) pada Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa) - Published Version
Download (18MB)

Abstract

Observasi awal terhadap pembelajaran yang dilakukan di kelas VIII pada tahun ajaran 2008/2009 di SMP Negeri 2 Gebog Kabupaten Kudus diketahui bahwa selama ini proses pembelajaran yang dilakukan guru masih kurang bervariasi, pembelajaran belum berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengadakan variasi pembelajaran di kelas VIII/B pada materi pokok sistem gerak pada manusia dan hewan, variasi pembelajaran dilakukan dengan menerapkan Strategi LSQ (Learning Start With a Question) dan IS (Information Search), untuk meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus, masingmasing siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII/B SMP Negeri 2 Gebog Kab. Kudus. Faktor yang diteliti adalah motivasi siswa, aktivitas siswa, hasil belajar siswa serta kinerja guru selama proses pembelajaran dengan menggunakan strategi LSQ dan IS. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan test tertulis. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami peningkatan, dengan prosentase yang dihasilkan tiap siklus yaitu, motivasi belajar siswa sebesar 73,13% pada siklus I, 74,14% pada siklus II, dan 75,65% pada siklus III. Aktivitas belajar siswa sebesar 35,71% pada siklus I, 61,90% pada siklus II dan 83,33% pada siklus III. Hasil belajar siswa sebesar 21,43% pada siklus I, 61,90% pada siklus II, dan 95,24% pada siklus III. Tanggapan siswa yang menyukai pembelajaran dengan penerapan strategi LSQ dan IS sebesar 90,18%, sedangkan siswa yang tidak menyukai pembelajaran dengan penerapan strategi LSQ dan IS sebesar 9,82%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi LSQ dan IS dapat meningkatkan motivasi siswa, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Berdasarkan data penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman siswa pada materi pokok sistem gerak dari siklus I, siklus II, dan siklus III. Pembelajaran dengan strategi LSQ dan IS dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam bertanya dan mencari informasi lain

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LSQ dan IS, motivasi, aktivitas, dan hasil belajar.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Apr 2011 02:02
Last Modified: 25 Apr 2015 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item