EFEKTIVITAS METODE SUGGESTOPEDIA MENGGUNAKAN MUSIK KLASIK TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMPN 13 YOGYAKARTA


Wendi Alhimda Murliansyah, 1550407061 (2013) EFEKTIVITAS METODE SUGGESTOPEDIA MENGGUNAKAN MUSIK KLASIK TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMPN 13 YOGYAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE SUGGESTOPEDIA MENGGUNAKAN MUSIK KLASIK TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMPN 13 YOGYAKARTA]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS METODE SUGGESTOPEDIA MENGGUNAKAN MUSIK KLASIK TERHADAP MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMPN 13 YOGYAKARTA)
Download (12MB) | Preview

Abstract

Minat belajar dipahami sebagai atribut psikologi yang dapat diukur berdasarkan perhatian, rasa suka, motif dan frekuensi individu terlibat terhadap sesuatu yang dalam hal ini adalah minat siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Minat belajar bahasa Inggris siswa yang rendah dapat berpengaruh terhadap tujuan dan hasil pembelajaran bahasa asing.Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan menggunakan metode Suggestopedia menggunakan musik klasik. Suggestopedia merupakan metode belajar bahasa asing dengan prinsip unity concious-unconcious, joy learning dan suggestive interaction memiliki beberapa fase yaitu, introduction, active concert, pseudopasive concert, active phase dan games. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evektivitas metode Sugestopedia menggunakan musik klasik terhadap peningikatan minat belajar bahasa Inggris siswa, subyek penelitian adalah siswa SMPN 13 Yogyakarta kelasVIIA yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain (quasi experimental design) pre experimental dengan jenis pretest- postest control group design, penggunaan jenis pengambilan sampel melalui purpossive sampling kemudian randomisasi dengan kontrol eksperimen balancing-blocking. Subjek dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan jumlah masing-masing kelompok yaitu 17 subjek dengan cara randomisasi (balancing-blocking) da. Pengambilan data menggunakan skala minat belajar dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,916 dan jumlah aitem yang valid sebanyak 56 aitem. Analisis data menggunakan uji T-Test Wilcoxon-Mann Whitney Statistics non-Parametrics. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat minat belajar bahasa Inggris pada kedua kelompok eksperimen dan kontrol, yaitu diperoleh (p: 0.003) dengan (Z) sebesar -2.964 dan mean empirik sebesar 139 untuk kelompok kontrol dan 170,0 untuk kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian metode Suggestopedia menggunakan musik klasik efektif terhadap peningkatan minat belajar bahasa Inggris. Saran yang diberikan kepada pihak sekolah khususnya kepala sekolah, meskipun sulit diterapkan secara menyeluruh pada kelas dan jam-jam sekolah karena berbenturan dengna kurikulum yang ada, namun diharapkan jika guru maupun kepala sekolah sedikit mengadaptasi bagian-bagian Suggesopedia dan di terapkapkan pada pembelajaran bahasa Inggris. Guna menambah startegi guru mengajar bahasa asing, sehingga minat siswa dapat terus terjaga sehingga meningkatnya presatsi belajar bahasa Inggris dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar bahasa Inggris, Suggestopedia, musik klasik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 17:16
Last Modified: 31 Oct 2013 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18432

Actions (login required)

View Item View Item