Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Teknik Meneruskan Cerita Menggunakan Media Animasi Gambar Seri pada Siswa Kelas III SD Negeri 04 Legokkalong Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2010/2011.

Afrinar Pramitasari , 2101407157 (2011) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi dengan Teknik Meneruskan Cerita Menggunakan Media Animasi Gambar Seri pada Siswa Kelas III SD Negeri 04 Legokkalong Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang perlu diajarkan pada siswa secara terpadu dengan keterampilan berbahasa yang lain. Keterampilan menulis tidak diperoleh secara alamiah melainkan harus dipelajari dan dilatih terus menerus. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SD Negeri 04 Legokkalong Kabupaten Pekalongan masih kurang. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah teknik dan metode yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajaran kurang menarik dan kurang bervariasi. Pemilihan teknik, media, ataupun metode belajar yang tepat diharapkan mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Berdasarkan paparan di atas, penelitian ini mengkaji dua masalah yaitu (1) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dan (2) Bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas III SD Negeri 04 Legokkalong dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan teknik meneruskan cerita menggunakan media animasi gambar seri. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dan mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas III SD Negeri 04 Legokkalong dalam menulis karangan narasi dengan teknik meneruskan cerita menggunakan media animasi gambar seri. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SD Negeri 04 Legokkalong. Penelitian ini menggunakan tiga variabel, yaitu keterampilan menulis karangan narasi, penggunaan teknik meneruskan cerita, dan variabel media animasi gambar seri. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa hasil keterampilan menulis karangan narasi dan teknik nontes berupa observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan teknik meneruskan cerita dengan menggunakan media animasi gambar seri. Nilai rata-rata kelas pada tahap pratindakan sebesar 58,6. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik 10,33 menjadi 68,93. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 13,34 menjadi 82,27. Setelah dilakukan pembelajaran menulis karangan narasi dengan teknik meneruskan cerita menggunakan media animasi gambar seri, terjadi perubahan perilaku ke arah positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada guru agar menggunakan teknik meneruskan cerita dan media animasi gambar seri pada pembelajaran menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, karangan narasi, teknik meneruskan cerita, animasi gambar seri
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 25 Apr 2011 21:50
Last Modified: 25 Apr 2015 00:34

Actions (login required)

View Item