PENERAPAN GRAF KOMPATIBEL PADA PENENTUAN WAKTU TUNGGU TOTAL OPTIMAL LAMPU LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN JALAN


Ririn Dwi Hardianti, 4150408022 (2013) PENERAPAN GRAF KOMPATIBEL PADA PENENTUAN WAKTU TUNGGU TOTAL OPTIMAL LAMPU LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN JALAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN GRAF KOMPATIBEL PADA PENENTUAN WAKTU TUNGGU TOTAL OPTIMAL LAMPU LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN JALAN]
Preview
PDF (PENERAPAN GRAF KOMPATIBEL PADA PENENTUAN WAKTU TUNGGU TOTAL OPTIMAL LAMPU LALU LINTAS DI PERSIMPANGAN JALAN)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Arus lalu lintas yang kompatibel yaitu dua buah arus lalu lintas jika keduanya dapat berjalan bersamaan dengan aman atau tidak berpotongan. Graf kompatibel adalah dua buah himpunan di mana titik-titiknya menunjukkan objekobjek yang akan diatur, dan sisi-sisinya menunjukkan pasangan objek yang kompatibel (sesuai). Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui bentuk graf kompatibilitas dari hasil pemodelan arus lalu lintas di persimpangan jalan, (2) menghitung waktu tunggu total optimal di persimpangan jalan dengan menggunakan graf kompatibilitas, dan (3) mengetahui perhitungan hasil waktu tunggu total optimal berdasarkan graf kompatibilitas dengan pengaturan yang sudah diterapkan. Sistematika penelitian ini yaitu kajian pustaka dengan langkah-langkah (a) penemuan masalah, (b) perumusan masalah, (c) studi pustaka, (d) kajian pustaka, (b) analisis dan pemecahan masalah, dan (c) tahap pembuatan program program (d) metode pengumpulan data, (e) analisis data, dan (f) penarikan simpulan. Diperoleh hasil penelitian (1) bentuk graf kompatibel dari hasil pemodelan arus lalu lintas di persimpangan jalan simpang tiga jalan Majapahit-Supriyadi Kota Semarang, (2) waktu tunggu total optimal di simpang tiga jalan Majapahit- Supriyadi Kota Semarang hasil yang didapat di lapangan adalah 277 detik sedangkan dengan menggunakan graf kompatibel menghasilkan 120 detik, (3) bentuk graf kompatibel dari hasil pemodelan arus lalu lintas di persimpangan jalan simpang empat jalan Kaligarang-Kelud Raya-Bendungan Kota Semarang, dan (4) waktu tunggu total optimal di simpang empat jalan Kaligarang-Kelud Raya- Bendungan Kota Semarang hasil yang didapat di lapangan adalah 389 detik sedangkan dengan menggunakan graf kompatibel menghasilkan 120 detik. Perhitungan hasil waktu tunggu total optimal berdasarkan graf kompatibel dengan pengaturan yang sudah diterapkan yaitu terlihat lebih optimal (minimal). Dalam perhitungan waktu tunggu total optimal ini yang dilihat hanya dari satu variabel yaitu waktu, perlu dilakukan penyempurnaan model graf kompatibel dengan menambah asumsi-asumsi dan variabel-variabel yang digunakan, dengan demikian dapat diperoleh model yang mendekati situasinya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: graf kompatibel, waktu tunggu, lampu lalu lintas, VB 6.0
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 16:38
Last Modified: 31 Oct 2013 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18423

Actions (login required)

View Item View Item