HUBUNGAN ANTARA INTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING PT. NUSANTARA SURYA SAKTI DEMAK


Krisna Widyastuti, 1550407022 (2013) HUBUNGAN ANTARA INTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING PT. NUSANTARA SURYA SAKTI DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA INTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING PT. NUSANTARA SURYA SAKTI DEMAK]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA INTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN STRES KERJA PADA KARYAWAN BAGIAN MARKETING PT. NUSANTARA SURYA SAKTI DEMAK)
Download (5MB) | Preview

Abstract

Karyawan merupakan sumber daya manusia yang memiliki peranan penting pada suatu organisasi dalam usahanya mencapai keberhasilan dan tujuan organisasi, sehingga diharapkan karyawan dapat menanamkan sikap senang bekerja dan terhindar dari stres kerja yang dapat membuat produktivitas kerja menurun. Stres kerja terjadi karena interaksi antara karyawan dengan lingkungan kerja yang dipandang sebagai suatu ancaman terhadap kemampuan kerja, keseimbangan psikologis dan fisiologis karyawan.Tinggi rendahnya stres kerja itu sendiri dipengaruhi oleh penilaian subjektif karyawan terhadap kondisi pekerjaan, seperti: beban kerja, yang dianggap sebagai stressor. Penilaian ini dipengaruhi oleh faktor individu seperti kepribadian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara internal locus of controldengan stres kerja pada Karyawan Bagian Marketing PT Nusantara Surya Sakti Demak. Penelitian ini dilaksanakan di PT Nusantara Surya Sakti Demak. Subjek penelitian berjumlah 49 orang yang ditentukan menggunakan teknik populasi sampling (studi populasi). Stres kerja diukur dengan menggunakan skala stres kerja. Skala stres kerja mempunyai 32 item valid dari item awal sejumlah 40 item, dengan rentang nilai validitas antara 0,366 sampai 0,548. Skala stres kerja mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,888, yang berarti reliabel. Sedangkan internal locus of control diukur dengan menggunakan skala internal locus of control.Skala internal locus of controlmempunyai 26 item valid dari item awal sejumlah 32 item, dengan rentang nilai validitas antara 0,302 sampai 0,608.Skala internal locus of control mempunyai nilai reliabilitas sebesar 0,847, yang berarti reliabel. Uji korelasi menggunakan teknik product moment yang dikerjakan menggunakan bantuan program SPSS 17for windows. Hasil penelitian menunjukkan variabel stres kerja pada subjek penelitian tergolong sedang. Adapun variabel internal locus of controlpada subjek penelitian tergolong sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara internal locus of controldengan stres kerja pada karyawandengan nilai r sebesar -0,595 dengan taraf siginifikansi sebesar5%. Hal tersebut berarti hipotesis yang berbunyi “Ada hubungan negatif antara internal locus of controldengan stres kerja pada karyawan PT Nusantara Surya Sakti Demak”diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: stress kerja, internal locus of control
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 16:38
Last Modified: 31 Oct 2013 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18422

Actions (login required)

View Item View Item