KUMPULAN CERKAK KATRESNAN RINONCE KARYA M. ADI KAJIAN STRUKTURAL


Khoirul Ulul Huda, 2151408010 (2013) KUMPULAN CERKAK KATRESNAN RINONCE KARYA M. ADI KAJIAN STRUKTURAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KUMPULAN CERKAK KATRESNAN RINONCE KARYA M. ADI KAJIAN STRUKTURAL]
Preview
PDF (KUMPULAN CERKAK KATRESNAN RINONCE KARYA M. ADI KAJIAN STRUKTURAL)
Download (813kB) | Preview

Abstract

Kumpulan Cerita cerkak Katresnan Rinonce karya M. Adi terdiri dari sembilan judul. Penelitian ini mengambil semua dengan mempertimbangkan bahwa cerkak-cerkak tersebut diduga memiliki nilainilai pendidikan moral, keindahan dan religi yang dapat dijadikan bahan ajar di Sekolah serta diamalkan di kehidupan luas.sembilan cerkak tersebut yaitu Kesandung Pipi, Jangkeping Katresnan, Calon Dadi, Ibu Ratu, Isih Kaya Wingi, Nalika Mbulane Mesem, Ing Pantai Kuta Aku Prasetya, Rinonce Katresnan, Gara-Gara Pete. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai pendidikan yang terdapat dalam kumpulan cerkak Katresnan Rinonce karya M. Adi . Untuk mengetahui nilai pendidikan, peneliti mencari unsur-unsur intrinsik cerkak yakni, tokoh, penokohan, dan latar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif dengan menggunakan metode struktural. Pendekatan ini mengacu pada pendapat yang mengatakan bahwa sebuah teks merupakan dunia otonom. Metode struktural digunakan sebagai langkah awal dengan menganalisis unsur-unsur intrinsik dan hubungan antar unsur itu sehingga dapat diketahui nilai pendidikan di dalam cerkak-cerkak tersebut. Berdasarkan analisis struktural dapat diketahui unsur-unsur intrinsik tokoh, penokohan, dan latar. Latar dibagi menjadi tiga bagian yaitu latar tempat, latar waktu, dan latar sosial. Seperti contoh berikut,“Nduk..., bapak wis ngerti Karepmu. Apa kowe wis yakin karo keyakinanmu?” ujare bapake. Bocahe manthuk alon karo dingluk.... (Kesandung pipi 6). Dikuatkan secara optimal didalam sembilan cerkak karya M. Adi. Diantara itu, unsur yang paling kuat adalah alur cerita. Dengan diketahui alur cerita dapat ditemukan unsur lain sehingga terungkap nilai pendidikan dalam cerkak tersebut. Nilai pendidikan yang terdapat dalam sembilan cerkak karya M. Adi adalah nilai moral, keindahan, religi, dan kebenaran. Saran yang dapat diusulkan adalah para guru dapat menggunakan cerkak-cerkak karya M. Adi sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah sehingga ada variasi dalam proses belajar mengajar. Peserta didik dapat menggunakan cerkak sebagai bahan bacaan dan dapat menerapkan nilai pendidikan yang terdapat di dalam cerkak dalam kehidupan sehari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: nilai pendidikan, struktural, cerkak.
Subjects: L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 16:46
Last Modified: 31 Oct 2013 16:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18416

Actions (login required)

View Item View Item