Hubungan antara Konsep Diri dengan Minat Melakukan Perawatan Wajah pada pria usia 20 tahun sampai 30 tahun


Hana Nor Hanifah, 1550406016 (2011) Hubungan antara Konsep Diri dengan Minat Melakukan Perawatan Wajah pada pria usia 20 tahun sampai 30 tahun. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Hubungan antara Konsep Diri dengan Minat Melakukan Perawatan Wajah pada pria usia 20 tahun sampai 30 tahun]
Preview
PDF (Hubungan antara Konsep Diri dengan Minat Melakukan Perawatan Wajah pada pria usia 20 tahun sampai 30 tahun)
Download (784kB) | Preview

Abstract

menjadi perhatian khusus bagi kaum hawa dan telah banyak usaha yang telah dilakukan oleh wanita untuk mempunyai penampilan menarik sesuai dengan idaman mereka. Perasaan ingin selalu tampil guna menarik lawan jenis, tampil cantik dan menarik ala model sangat mendominasi kepribadian semua wanita. Namun seiring dengan berjalannya waktu pria yang sangat peduli dengan kesempurnaan setiap jengkal tubuhnya juga tidak kalah dari perempuan. Kepedulian tersebut dilakukan dengan cara memakai parfum, facial, pembersih wajah, pelembab, spa atau bahkan merawat kukunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan minat melakukan perawatan wajah pada pria usia 20 sampai 30 tahun. Subjek dalam penelitian ini adalah para pria yang berusia 20 sampai 30 tahun, sejumlah 50 subjek. Metode pengumpulan data menggunakan metode skala psikologi, yaitu skala konsep diri yang terdiri dari 48 aitem (α = 0,960) dan skala skala minat melakukan perawatan wajah 48 aitem (α = 0,967). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis korelasi Product Momen Pearson menunjukkan rxy = 0,014 dan p = 0,924 (p<0,05). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara konsep diri dengan minat melakukan perawatan wajah pada pria usia 20 tahun sampai 30 tahun. Sehingga hipotesis peneliti ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan minat melakukan perawatan wajah pada pria usia 20 sampai 30 tahun sehingga hipotesis dalam penelitian ini ditolak. Saran untuk penelitian ini sebagai sumbangan dalam bidang psikologi kepribadian, sebagai informasi bagi pria terkait dengan minat melakukan perawatan wajah yang dihubungkan dengan konsep diri, sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya dan sebagai tambahan pengetahuan selain minat juga masih ada variabel lainnya yang dapat dihubungkan dengan melakukan perawatan wajah pada pria.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, minat melakukan perawatan wajah, pria usia 20 sampai 30
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:50
Last Modified: 31 Oct 2013 15:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item