SIMPLIFIKASI NOVEL MENDHUNG KESAPUT ANGIN KARYA AG. SUHARTI SEBAGAI BAHAN AJAR MEMBACA TEKS SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)


Nurul Khofiyanida, 2102408104 (2013) SIMPLIFIKASI NOVEL MENDHUNG KESAPUT ANGIN KARYA AG. SUHARTI SEBAGAI BAHAN AJAR MEMBACA TEKS SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SIMPLIFIKASI NOVEL MENDHUNG KESAPUT ANGIN KARYA AG. SUHARTI SEBAGAI BAHAN AJAR MEMBACA TEKS SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)]
Preview
PDF (SIMPLIFIKASI NOVEL MENDHUNG KESAPUT ANGIN KARYA AG. SUHARTI SEBAGAI BAHAN AJAR MEMBACA TEKS SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP))
Download (491kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran sastra di SMP selama ini kurang optimal dikarenakan bahan ajar yang kurang relevan. Karya sastra sangat memungkinkan dijadikan sebagai bahan ajar yang dapat diajarkan kepada siswa, salah satunya ialah novel. Novel Mendhung Kesaput Angin karya Ag. Suharti terdapat nilai-nilai pendidikan karakter.Oleh karena itu, peneliti ingin membuat alternatif bahan ajar melalui simplifikasi novel Mendhung Kesaput Angin. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini, yaitu: (1) bagaimana skema aktan dan struktur fungsional Greimas dalam novel Mendhung Kesaput Angin karya Ag. Suharti? dan (2) bagaimana simplifikasi novel Mendhung Kesaput Angin karya Ag.Suharti sebagai bahan ajar untuk siswa SMP? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui skema aktan dan struktur fungsional A.J. Greimas dalam novel Mendhung Kesaput Angin karya Ag. Suharti; dan (2) mendiskripsikan simplifikasi novel Mendhung Kesaput Angin karya Ag. Suharti sebagai bahan ajar untuk Sekolah Menengah Pertama. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. Teori strukturalisme A.J. Greimas digunakan sebagai alat dan langkah awal dalam memulai menganalisis teks Mendhung Kesaput Angin. Hasil analisis digunakan sebagai dasar untuk mengetahui kemungkinan teks novel Mendhung Kesaput Angin dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa siswa SMP. Hasil analisis strukturalisme A.J. Greimas dalam teks novel Mendhung Kesaput Angin menunjukkan bahwa teks novel tersebut mempunyai 12 aktan dan bisa digunakan sebagai alternatif bahan ajar membaca teks sastra untuk pembelajaran siswa SMP karena mengandung kriteria pendidikan karakter. Proses simplifikasi novel Mendhung Kesaput Angin karya Ag. Suharti mempunyai 5 aktan integral sebagai dasar penulisan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa teks novel Mendhung Kesaput Angin dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar membaca teks sastra dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa siswa SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: simplifikasi, Mendhung Kesaput Angin, aktan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PC Romance languages
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:32
Last Modified: 31 Oct 2013 15:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18408

Actions (login required)

View Item View Item