HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN DAN IKLIM KERJA DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA DI BAGIAN PRODUKSI PT. NUSANTARA BUILDING INDUSTRIES


Suksmono, 6450408024 (2013) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN DAN IKLIM KERJA DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA DI BAGIAN PRODUKSI PT. NUSANTARA BUILDING INDUSTRIES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN DAN IKLIM KERJA DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA DI BAGIAN PRODUKSI PT. NUSANTARA BUILDING INDUSTRIES]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS KEBISINGAN DAN IKLIM KERJA DENGAN STRES KERJA PADA PEKERJA DI BAGIAN PRODUKSI PT. NUSANTARA BUILDING INDUSTRIES)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri yang disertai persaingan dan tuntutan profesionalitas yang semakin tinggi menimbulkan banyak tekanan yang harus dihadapi pekerja di dalam melakukan pekerjaan. Kondisi fisik lingkungan kerja merupakan salah satu faktor yang dapat memberikan tekanan atau beban tambahan pada pekerja apabila melebihi dari kapasitas pekerja itu sendiri. Tekanan yang timbul dan berlangsung secara terus menerus berpotensi menimbulkan kecemasan. Dampak merugikan akibat kecemasan yang sering dirasakan oleh para pekerja yaitu stres kerja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara intensitas kebisingan dan iklim kerja dengan stres kerja pada pekerja di bagian produksi PT. Nusantara Building Industries (NBI). Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pekerja di bagian produksi PT. NBI dalam shift yang berjumlah orang. Sedangkan sampel penelitian berjumlah orang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah sound level meter, questemp dan kuesioner. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (menggunakan uji pearson product moment dan rank spearman dengan α = ) Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara intensitas kebisingan dengan stres kerja dengan nilai sig (ρ value) sebesar < α dan ada hubungan antara iklim kerja dengan stres kerja dengan nilai sig (ρ value) sebesar < α . Saran yang diberikan untuk pekerja yaitu seharusnya memiliki kedisiplinan dan kesadaran untuk selalu menggunakan alat pelindung diri saat bekerja sekaligus memperhatian cara penggunaannya yang benar. Untuk perusahaan sebaiknya selalu menyediakan serta mencukupi kebutuhan alat pelindung diri bagi pekerja sekaligus memperhatikan kontinuitas distribusinya, selain itu memberikan teguran maupun sanksi bagi pekerja yang tidak menggunakan alat pelindung diri saat bekerja. Apabila akan melakukan penelitian serupa, sebaiknya menggunakan desain penelitian yang lain sehingga hasilnya dapat dijadikan penguat atau pembanding terhadap penelitian-penelitian sebelumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensitas Kebisingan, Iklim Kerja, Stres Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:34
Last Modified: 31 Oct 2013 15:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18398

Actions (login required)

View Item View Item