PENCARIAN ALIRAN MAKSIMUM DENGAN ALGORITMA FORD-FULKERSON (Studi Kasus pada Jaringan Listrik di Kota Tegal)


Thesa Farizal, 4150406544 (2013) PENCARIAN ALIRAN MAKSIMUM DENGAN ALGORITMA FORD-FULKERSON (Studi Kasus pada Jaringan Listrik di Kota Tegal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENCARIAN ALIRAN MAKSIMUM DENGAN ALGORITMA FORD-FULKERSON (Studi Kasus pada Jaringan Listrik di Kota Tegal)]
Preview
PDF (PENCARIAN ALIRAN MAKSIMUM DENGAN ALGORITMA FORD-FULKERSON (Studi Kasus pada Jaringan Listrik di Kota Tegal))
Download (6MB) | Preview

Abstract

Aliran listrik yang tidak maksimum dapat menyebabkan kerusakan pada alat elektonik. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu cara untuk menanggulanginya yaitu dengan memaksimalkan arus tersebut. Permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana model jaringan listrik Kota Tegal, bagaimana hasil pencarian aliran maksimum dengan menggunakan algoritma Ford-Fulkeson pada jaringan listrik Kota Tegal, bagaimana hasil pencarian aliran maksimum dengan menggunakan software WinQSB, bagaimana pencarian aliran maksimum dengan menggunakan algoritma Ford-Fulkerson dan Software WinQSB. Tujuan Skripsi ini adalah memperoleh model jaringan listrik Kota Tegal, Memperoleh aliran maksimum dengan menggunakan algoritma Ford-Fulkerson pada jaringan listrik Kota Tegal, Memperoleh aliran maksimum dengan menggunakan software WinQSB pada jaringan listrik Kota Tegal, mengetahui pencarian aliran maksimum dengan menggunakan algoritma Ford-Fulkerson dan Software WinQSB. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil langsung data-data dari arsip PT PLN(PERSERO) UPJ Tegal Kota. Data yang diambil merupakan data kapasitas kabel dan peta jaringan listrik Kota Tegal. Selanjutnya dari gambar jaringan dapat diperoleh aliran maksimum menggunakan algoritma Ford-Fulkerson. Selain itu juga digunakan Software WinQSB dalam perhitungan aliran maksimum. Dari hasil analisis dengan algoritma Ford-Fulkerson dan Software WinQSB diperoleh aliran maksimum sebesar 1300 Ampere. Dari pencarian aliran maksimum menggunakan algoritma Ford-Fulkerson dan Software WinQSB dapat diperoleh bahwa keduanya mempunyai tahap pencarian aliran maksimum yang berbeda tetapi mempunyai hasil yang sama dalam pencarian aliran maksimum. Dari hasil analisis dapat disimpulkan pencarian aliran maksimum dengan alogaritma Ford-Fulkerson pada jaringan listrik Kota Tegal diperoleh aliran maksimum sebesar 1300 ampere. Pencarian aliran maksimum dengan menggunakan software WinQSB pada jaringan listrik Kota Tegal diperoleh aliran maksimum sebesar 1300 ampere. Pencarian aliran maksimum dengan menggunakan algoritma Ford-Fulkerson dan Software WinQSB menghasilkan aliran maksimum sebesar 1300 ampere, walaupun dengan menggunakan iterasi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aliran maksimum, algoritma Ford-Fulkerson, Software WinQSB
Subjects: Q Science > QA Mathematics
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:43
Last Modified: 31 Oct 2013 15:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18390

Actions (login required)

View Item View Item