Efektivitas Strategi Questions Student Have (QSH) dan Mind Mapping pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di SMA N 1 Batang


Wulan Sekar Arum , 4401406044 (2011) Efektivitas Strategi Questions Student Have (QSH) dan Mind Mapping pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di SMA N 1 Batang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Strategi Questions Student Have (QSH) dan Mind Mapping pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di SMA N 1 Batang] PDF (Efektivitas Strategi Questions Student Have (QSH) dan Mind Mapping pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di SMA N 1 Batang) - Submitted Version
Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti dalam praktek pengalaman lapangan di SMA N 1 Batang, banyak siswa yang tidak berani untuk bertanya karena takut pertanyaan yang akan diajukan merupakan pertanyaan yang tidak perlu ditanyakan dan dianggap sebagai siswa yang bodoh, oleh karena itu diperlukan strategi yang dapat membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Strategi yang dapat digunakan adalah gabungan strategi QSH dan Mind mapping. QSH adalah strategi pembelajaran yang dilaksanakan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang dibuat siswa secara tertulis, sedangkan mind mapping adalah metode mempelajari konsep dengan merujuk pada metode cara kerja otak dalam menyimpan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Questions Student Have dan Mind Mapping pada pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia di SMA N 1 Batang. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Batang pada semester gasal tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre Experimental dengan desain One Shot Case Study dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Batang dan sampel penelitian yang digunakan 1 kelas yaitu XI IPA 3, penentuan kelas sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa adalah 83,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,12%, sebanyak 97% siswa aktif dalam pembelajaran dan kinerja guru termasuk kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi Questions Student Have (QSH) dan Mind Mapping efektif diterapkan pada pembelajaran materi sistem peredaran darah manusia di SMA N 1 Batang. Dalam proses pembelajaran guru perlu menerapkan kedisiplinan untuk menjaga efisiensi dalam penggunaan waktu pembelajaran siswa di kelas, membiasakan siswa untuk mau bertanya atau menyampaikan pendapatnya sendiri tanpa ada paksaan dari guru maupun siswa lain dan juga melatih siswa untuk terbiasa membuat mind mapping.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: QSH, Mind Mapping, Hasil Belajar, Aktivitas Siswa, Kinerja Guru
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: eko handoyo perpustakaan
Date Deposited: 26 Apr 2011 01:28
Last Modified: 25 Apr 2015 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item