PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TERPADU BILINGUAL DENGAN TEMA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEBAGAI BAHAN AJAR DI MTS


Nurul Laili Rahmawati, 4001409001 (2013) PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TERPADU BILINGUAL DENGAN TEMA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEBAGAI BAHAN AJAR DI MTS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TERPADU BILINGUAL DENGAN TEMA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEBAGAI BAHAN AJAR DI MTS]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TERPADU BILINGUAL DENGAN TEMA BAHAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEBAGAI BAHAN AJAR DI MTS)
Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang layak digunakan berupa buku saku IPA terpadu bilingual tema bahan kimia dalam kehidupan dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku saku IPA terpadu bilingual terhadap hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Tarbiyatul Islamiyah sebanyak 40 siswa dan MTs Tarbiyatul Banin sebanyak 28 siswa tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D). Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kelayakan buku saku dan hasil belajar siswa yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data kelayakan buku saku dengan rata-rata persentase validasi pada aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan penyajian berturut-turut sebesar 84.5%, 90.7%, dan 94.4%. Persentase tanggapan siswa skala kecil sebesar 87.8% dan skala besar 93.3%. Persentase tanggapan guru sebesar 88.5%. Hasil belajar siswa menunjukkan 50% siswa pada skala kecil tidak tuntas dan tidak menunjukkan adanya pengaruh, dengan thitung(2.066)<ttabel(2.20) dan n-gain sebesar 0.112 dengan kriteria rendah. Ketuntasan belajar siswa skala besar mencapai 85.7%, menunjukkan adanya pengaruh yaitu thitung>ttabel dan n-gain sebesar 0.4 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa buku saku IPA terpadu bilingual tema bahan kimia dalam kehidupan layak digunakan sebagai bahan ajar dan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku saku IPA terpadu bilingual, bahan kimia dalam kehidupan, bahan ajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 22790 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:34
Last Modified: 31 Oct 2013 15:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18387

Actions (login required)

View Item View Item