ANALISIS PROSES ANTRIAN MULTIPLE CHANNEL SINGLE PHASE DI LOKET ADMINISTRASI DAN RAWAT JALAN RSUP Dr. KARIADI SEMARANG


Ratna Nurhayati, 4150406022 (2013) ANALISIS PROSES ANTRIAN MULTIPLE CHANNEL SINGLE PHASE DI LOKET ADMINISTRASI DAN RAWAT JALAN RSUP Dr. KARIADI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PROSES ANTRIAN MULTIPLE CHANNEL SINGLE PHASE DI LOKET ADMINISTRASI DAN RAWAT JALAN RSUP Dr. KARIADI SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS PROSES ANTRIAN MULTIPLE CHANNEL SINGLE PHASE DI LOKET ADMINISTRASI DAN RAWAT JALAN RSUP Dr. KARIADI SEMARANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena menunggu merupakan hal yang mendasari adanya suatu antrian untuk bisa mendapatkan pelayanan. Fenomena ini terjadi disebabkan terdapat banyak pelanggan yang ingin dilayani sedangkan jumlah pelayan sangat terbatas. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah sistem antrian loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang memiliki pola kedatangan pasien berdistribusi Poisson dan waktu pelayanan pasien berdistribusi eksponensial, mengetahui rata-rata jumlah pasien dalam antrian dan dalam sistem, mengetahui rata-rata waktu pasien menunggu dalam antrian dan dalam sistem, mengetahui persentase waktu menganggur petugas loket, mengetahui jumlah petugas loket yang ideal. Metode penelitian yang digunakan meliputi beberapa tahap, yaitu pengumpulan data, metode analisis data, dan penarikan simpulan. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui beberapa langkah yaitu: (1) melakukan uji chi kuadrat goodness of fit untuk mengetahui apakah pola kedatangan pasien berdistribusi Poisson dan waktu pelayanan berdistribusi eksponensial, (2) menentukan model antrian, (3) menentukan ukuran-ukuran kinerja yakni rata-rata jumlah pasien dalam antrian dan dalam sistem, rata-rata waktu pasien menunggu dalam antrian dan dalam sistem, dan (4) menentukan persentase waktu menganggur petugas loket. Dari hasil analisis diperoleh bahwa sistem antrian pada loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang mengikuti model antrian (M/M/2) : (GD/∞/∞), artinya sistem antrian mengikuti pola kedatangan yang berdistribusi Poisson, sedangkan waktu pelayanan berdistribusi eksponensial dengan jumlah loket pelayanan terdiri dari 2 loket dengan peraturan pasien yang pertama datang akan dilayani terlebih dahulu, serta kapasitas sistem dan sumber yang tak terbatas. Hasil analisis dari sistem antrian di loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUP Dr. Kariadi Semarang untuk tiga hari, sebagai berikut: pada hari Senin 2,5999; q L L 4,1777; 3,1620; q W W 5,0809; X= 21,11%. Pada hari Selasa 1,6227; q L L 3,0754; 2,2642; q W W 4,2913; X = 27,36%. Pada hari Rabu 3,3501; q L L 4,9890; 3,9672; q W W 5,9080; X = 18,06%. Berdasarkan persentase waktu mengganggur petugas loket yang nilainya > 15%, jadi jumlah petugas di loket Administrasi dan Rawat Jalan RSUD Dr. Kariadi Semarang yang ada sudah ideal, sehingga tidak perlu menambah petugas loket.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teori Antrian, Multiple Channel Single Phase, Uji Chi Kuadrat Goodness of Fit, Model Antrian (M/M/s): (GD/∞/∞).
Subjects: Q Science > QA Mathematics
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:31
Last Modified: 31 Oct 2013 15:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18381

Actions (login required)

View Item View Item