PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Swalayan Bravo di Kota Bojonegoro)


Alreza Anan Hafidzi , 7350408033 (2013) PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Swalayan Bravo di Kota Bojonegoro). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Swalayan Bravo di Kota Bojonegoro)]
Preview
PDF (PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus pada Swalayan Bravo di Kota Bojonegoro))
Download (742kB) | Preview

Abstract

Kelengkapan produk bagi sebuah pasar swalayan merupakan faktor yang penting untuk menarik konsumen. Semakin lengkap sebuah pasar swalayan maka semakin memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Selain kelengkapan produk, fasilitas pelayanan pasar swalayan yang baik, kemudahan pengambilan barang dan pelayanan barang secara menyeluruh merupakan pertimbangan-pertimbangan yang mempengaruhi tingkat keputusan konsumen untuk membeli di suatu pasar swalayan. Sikap pramuniaga yang sopan dan ramah merupakan bentuk pelayanan yang diharapkan oleh konsumen. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Apakah kelengkapan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Swalayan Bravo? (2) Apakah pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Swalayan Bravo? (3) Apakah kelengkapan produk dan pelayanan berpengaruh secara simultan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Bravo. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berkunjung di swalayan Bravo di Kota Bojonegoro dan sampel yang diambil sebanyak 115 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelengkapan produk, pelayanan dan keputusan pembelian. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner dengan menggunakan skala likert dengan metode teknik accidental sampling. Adapun data yang diperoleh di analisis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 4.548 dengan p-value (0,000< 0,05) yang berarti hipotesis 1 yang menyatakan terdapat pengaruh kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian dapat diterima. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 3.264 dengan p-value (0,000< 0,05) yang berarti hipotesis 2 yang menyatakan terdapat pengaruh pelayanan terhadap keputusan pembelian dapat diterima. Hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 50.910 dengan p-value (0,000< 0,05) yang berarti hipotesis 3 terdapat pengaruh antara kelengkapan produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian di Swalayan Bravo secara simultan dapat diterima. Dalam peneltian ini hasil analisis R2 diperoleh 0.476, yang berarti presentase pengaruh kelengkapan produk dan pelayanan terhadap ix keputusan pembelian sebesar 47,6% dan sisanya sebesar 52,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Kelengkapan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Swalayan Bravo, (2) Pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Swalayan Bravo, (3) kelengkapan produk dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Swalayan Bravo. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah: (1) Hendaknya Swalayan Bravo berusaha untuk meningkatkan variasi produk terutama pada ketersediaan produk secara lengkap baik dalam merek, ukuran dan kualitas, (2) Hendaknya Swalayan Bravo lebih meningkatkan lagi kecepatan dalam memberikan pelayanan dan menyelesaikan keluhan pelanggan, serta hendaknya pramuniaga lebih ramah dalam memberikan pelayanan, seperti memberikan ucapan selamat datang dan ucapan terimakasih (3) Penelitian selanjutnya sebaiknya menambah variabel-variabel yang lain agar didapatkan hasil penelitian yang lebih akurat mengenai variabelvariabel apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian, seperti variabel lokasi, variabel sarana/prasarana dan variabel kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kelengkapan Produk, Pelayanan, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:48
Last Modified: 31 Oct 2013 15:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18371

Actions (login required)

View Item View Item