Efektivitas Konseling Kelompok Pra-Persalinan untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Primigravida Menghadapi Persalinan di UPTD Psukesmas Tegal Selatan


Trias Novitasari, 1511409030 (2013) Efektivitas Konseling Kelompok Pra-Persalinan untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Primigravida Menghadapi Persalinan di UPTD Psukesmas Tegal Selatan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektivitas Konseling Kelompok Pra-Persalinan untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Primigravida Menghadapi Persalinan di UPTD Psukesmas Tegal Selatan]
Preview
PDF (Efektivitas Konseling Kelompok Pra-Persalinan untuk Mengurangi Tingkat Kecemasan Primigravida Menghadapi Persalinan di UPTD Psukesmas Tegal Selatan)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Kecemasan merupakan respon alami sebagai tanda bahaya akan suatu hal yang tidak menyenangkan dan dapat terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali terjadi pula pada calon ibu pada masa kehamilan hingga persalinan anak pertama. Namun, apabila kecemasan yang dialami oleh primigravida terjadi secara berkelanjutan dan semakin meningkat selama proses kehamilan tentu akan berimplikasi pada jiwa ibu dan bayi dalam kandungannya sehingga mempersulit proses persalinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan konseling kelompok pra-persalinan untuk mengurangi tingkat kecemasan primigravida menghadapi persalinan. Penelitian ini merupakan eksperimen quasi. Populasi penelitian ini adalah ibu primigravida (kehamilan pertama), masuk usia kehamilan trimester III, mengalami kecemasan pada kategori sedang, bertempat tinggal di wilayah kerja puskesmas tegal selatan, dan bersedia, dengan sampel berjumlah 14 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data penelitian diambil menggunakan Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) yang terdiri dari 14 pernyataan yang telah terstandar, dengan tingkat validitas sebesar 0, 93 dan reliabilitas sebesar 0,97. Teknik analis data yang digunakan adalah Non Parametric Wilcoxon Mann-Whitney Test. Hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan kecemasan primigravida pada pretest dan posttest kelompok eksperimen dengan taraf signifikansi 0,001 dan tidak ada perbedaan kecemasan primigravida pada pretest dan posttest kelompok kontrol dengan taraf signifikansi 1,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling kelompok pra-persalinan efektif untuk menurunkan kecemasan primigravida dalam menghadapi persalinan. Diharapkan konseling kelompok pra-persalinan dapat dijadikan model atau alternatif treatment untuk mengatasi dan mencegah terjadinya kecemasan menghadapi persalinan, yang dapat diterapkan di puskesmas tegal selatan, puskesmas dan rumah sakit bersalin yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan,Primigravida, Konseling Kelompok Pra-persalinan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 13:40
Last Modified: 31 Oct 2013 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18368

Actions (login required)

View Item View Item