ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN INTERNET SPEEDY REGULER MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN DI SEMARANG


Ika Sulistiyorini, 4112310013 (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN INTERNET SPEEDY REGULER MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN INTERNET SPEEDY REGULER MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN DI SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN INTERNET SPEEDY REGULER MENGGUNAKAN ANALISIS DISKRIMINAN DI SEMARANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang pesat, kebutuhan manusia menjadi tidak terbatas. Dalam hal ini, perkembangan teknologi ikut mengalami perkembangan pesat, terutama internet. Peran internet sangat besar sebagai sumber dan pertukaran data informasi. Kebutuhan manusia yang tidak hanya menginginkan layanan voice saja, namun juga layanan berbasis data mendorong PT Telkom menyediakan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi (broad band) menggunakan teknologi ADSL. Layanan akses internet tersebut dikenal dengan nama speedy. Meskipun banyak pesaing, PT Telkom diharapkan tetap menjamin kualitasnya untuk kepuasan pelanggan (customer satisfaction) agar dapat meningkatkan intensitas pemakaian telkom speedy. Dalam penulisan ini akan dilakukan analisis untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan internet speedy reguler di Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara pelanggan yang puas menggunakan telkom speedy reguler dengan pelanggan yang tidak puas menggunakan telkom speedy reguler, faktor mempengaruhi perbedaan kepuasan pelanggan internet speedy reguler, untuk memperoleh model diskriminan dua faktor yang terbentuk dan seberapa besar ketepatan hasil mengklasifikasi kasus dari model diskriminan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan melakukan pembagian anget kepada pelanggan telkom speedy melalui pengambilan sampel proporsional. Variabel bebas yang dianalisis adalah usia, lama beraktifitas, lama koneksi internet, pendapatan, pengeluaran, lama penggunaan internet speedy reguler, biaya internet speedy, dan biaya telepon. Sedangkan variabel dependennya adalah kategori kepuasan pelanggan, puas dan tidak puas. Berdasarkan hasil analisis diskriminan dua faktor melalui uji prasyarat dan uji kelayakan variabel, diperoleh dua variabel yang layak dianalisis dengan analisis diskriminan, yaitu lama koneksi internet dan lama penggunaan internet speedy reguler. Model diskriminan dua faktor yang terbentuk adalah dengan adalah variabel lama koneksi internet dan adalah variabel lama penggunaan internet speedy reguler. Dalam pengujian validasi diperoleh angka ketepatan yang sangat tinggi yaitu 85%. Setelah terbukti bahwa fungsi diskriminan mempunyai ketepatan prediksi yang tinggi, maka fungsi diskriminan tersebut dapat digunakan untuk memprediksi kasus, apakah responden yang merupakan pelanggan internet speedy reguler termasuk kategori puas atau tidak puas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: faktor kepuasan pelanggan, internet speedy reguler, analisis diskriminan
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:50
Last Modified: 31 Oct 2013 15:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18363

Actions (login required)

View Item View Item