Analisis Perilaku Tokoh Utama dalam Roman Claude Gueux Karya Victor Hugo berdasarkan Teori Behaviorisme B.F. Skinner


Wahyu Puji Muliani, 2350408007 (2013) Analisis Perilaku Tokoh Utama dalam Roman Claude Gueux Karya Victor Hugo berdasarkan Teori Behaviorisme B.F. Skinner. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Perilaku Tokoh Utama dalam Roman Claude Gueux Karya Victor Hugo berdasarkan Teori Behaviorisme B.F. Skinner]
Preview
PDF (Analisis Perilaku Tokoh Utama dalam Roman Claude Gueux Karya Victor Hugo berdasarkan Teori Behaviorisme B.F. Skinner)
Download (537kB) | Preview

Abstract

Chaer (2003:2) berpendapat bahwa psikologi lazim diartikan sebagai satu bidang ilmu yang mencoba mempelajari perilaku manusia. Caranya adalah dengan mengkaji hakikat rangsangan, hakikat reaksi terhadap rangsangan itu. Para ahli psikologi belakangan ini juga cenderung untuk menganggap psikologi sebagai suatu ilmu yang mencoba mengkaji proses akal manusia dan segala manifestasinya yang mengatur perilaku manusia itu. Tujuan pengkajian akal ini adalah untuk menjelaskan, memprediksikan, dan mengontrol perilaku manusia. Perilaku tokoh utama dalam roman ini berubah ketika ia mulai masuk penjara. Perubahan inilah yang membuat penulis tertarik untuk menganalisis lebih lanjut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah stimulus yang mengawali perilaku tokoh utama yang kemudian akan dikaitkan dengan perubahan perilaku yang dialami tokoh tersebut. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pustaka. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang berwujud kata, frase, ungkapan, dan kalimat yang mencerminkan perilaku tokoh utama, stimulus, dan perubahan perilaku tokoh utama dalam roman Claude Gueux karya Victor Hugo. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah roman Claude Gueux karya Victor Hugo. Metode yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik, yaitu teknik yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian dilengkapi dengan analisis. Dari hasil analisis ini dapat disimpulkan bahwa perilaku seseorang terjadi karena adanya stimulus yang mengawalinya dan perilaku tersebut tidak dapat dikontrol.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Psikologi, perilaku, behaviorisme.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:51
Last Modified: 31 Oct 2013 15:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18362

Actions (login required)

View Item View Item