PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH MX SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET) PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA POKOK MATERI SISTEM KOLOID


Indah Lestari , 4301403058 (2007) PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH MX SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET) PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA POKOK MATERI SISTEM KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH MX SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET) PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA POKOK MATERI SISTEM KOLOID] PDF (PENGARUH PEMANFAATAN SOFTWARE MACROMEDIA FLASH MX SEBAGAI MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET) PADA PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN CHEMO-ENTREPRENEURHIP (CEP) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA POKOK MATERI SISTEM KOLOID) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pada proses pembelajaran diperlukan suatu pendekatan pembelajaran dan penggunaaan media yang tepat agar siswa merasa tertarik dan termotivasi untuk belajar. Peneliti memanfaatkan software Macromedia Flash MX sebagai media CET pada pembelajaran dengan pendekatan CEP untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya serta seberapa besar pengaruh pemanfaatan software Macromedia Flash MX sebagai media CET pada pembelajaran dengan pendekatan CEP terhadap hasil belajar kimia siswa pokok materi sistem koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-IA SMA Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2006/2007 yang berjumlah 244 siswa dan terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Dari hasil random diperoleh kelas XI-IA4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-IA5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, angket dan tes. Metode analisis data terdiri atas analisis tahap awal dan analisis tahap akhir. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji Anava. Sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata diperoleh bahwa bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa pemanfaatan software Macromedia Flash MX sebagai media CET pada pembelajaran dengan pendekatan CEP berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa pokok materi sistem koloid diterima dengan kontribusi sebesar 30,69%. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, disarankan agar pada proses pembelajaran dengan memanfaatkan software Macromedia Flash MX sebagai media Chemo-edutainment (CET) pada pendekatan Chemo-entrepreneurship (CEP) dilakukan kombinasi pembelajaran dengan metode ceramah untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, pada proses pembelajaran hendaknya guru mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari agar siswa merasa tertarik dan hasil belajar menjadi lebih bermakna dan bagi peneliti selanjutnya, perlu memperhatikan beberapa hambatan yang mungkin terjadi pada saat penelitian antara lain kurangnya jam pelajaran dan jumlah komputer yang dimiliki oleh sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash MX, Chemo-edutainment (CET), Chemo-entrepreneurship (CEP).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2011 01:01
Last Modified: 25 Apr 2015 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1836

Actions (login required)

View Item View Item