FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA PENGGILINGAN DIVISI BATU PUTIH DI PT. SINAR UTAMA KARYA


Yuma Anugrah, 6450408011 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA PENGGILINGAN DIVISI BATU PUTIH DI PT. SINAR UTAMA KARYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA PENGGILINGAN DIVISI BATU PUTIH DI PT. SINAR UTAMA KARYA]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KAPASITAS VITAL PARU PADA PEKERJA PENGGILINGAN DIVISI BATU PUTIH DI PT. SINAR UTAMA KARYA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Lingkungan kerja yang penuh oleh debu, uap, gas dan lainnya yang disatu pihak mengganggu produktifitas dan mengganggu kesehatan dipihak lain, hal ini sering menyebabkan gangguan pernapasan ataupun dapat mengganggu kapasitas vital paru. Dalam kondisi tertentu, debu merupakan bahaya yang dapat menyebabkan pengurangan kenyamanan kerja, gangguan penglihatan, gangguan fungsi faal paru bahkan dapat menimbulkan keracunan umum. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kapasitas vital paru (KVP) pekerja penggilingan divisi batu putih PT. Sinar Utama Karya. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survei dan pendekatan cross sectional. Populasi studi dalam penelitian adalah pekerja penggilingan divisi batu putih di PT. Sinar Utama Karya. Sampel yang diambil sebanyak 25 orang yang diperoleh dengan menggunakan metode total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah spirometer hutchinson, timbangan injak, microtoice, dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik uji chi square dengan uji alternatif uji kolmogorov-smirnov dan dengan derajat kemaknaan (α = 0,05). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ada hubungan antara masa kerja (p=0,021) dan status gizi (p=0,00) dengan kapasitas vital paru pada pekerja penggilingan divisi batu putih di PT. Sinar Utama Karya. Tidak dapat diketahui hubungan antara penggunaan masker berhidung dan tidak ada hubungan antara riwayat penyakit paru (p=0,812) dengan kapasitas vital paru pada pekerja penggilingan divisi batu putih di PT. Sinar Utama Karya. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini bagi pekerja adalah mengkonsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan status gizi pekerja yaitu makanan dengan nilai gizi sebanyak 3000 kalori. Saran bagi perusahaan adalah hendaknya dilakukan rotasi pada pekerja dengan masa kerja lebih dari 5 tahun untuk mengurangi risiko penimbunan debu dan memberikan makanan bergizi untuk meningkatkan status gizi pekerja yaitu makanan dengan nilai gizi sebanyak 3000 kalori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Vital Paru, Pekerja, Penggilingan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:52
Last Modified: 31 Oct 2013 15:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18357

Actions (login required)

View Item View Item