IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 1 SEMARANG


Ika Nuraini Hidayati, 2102406634 (2013) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 1 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 1 SEMARANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MATA PELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP NEGERI 1 SEMARANG)
Download (608kB) | Preview

Abstract

Mutu profesional guru terlihat pada kesuksesannya dalam mengajar. Guru sebagai pengajar tidak hanya menyelesaikan tugas menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Seorang guru harus mampu memberikan perubahan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik, baik perubahan pada pengetahuan, pemahaman, keterampilan, maupun sikap pada diri siswa. Serangkaian kemampuan teknik dan keterampilan yang berkaitan dengan proses belajar mengajar perlu dimiliki oleh seorang guru. SMP Negeri 1 Semarang sebagai satuan pendidikan adalah kelompok layanan pendidikan menengah pertama yang telah mendapatkan status berstandar nasional, serta merupakan sekolah tujuan dan sekolah favorit bagi masyarakat kota Semarang. Namun demikian, belum tentu seluruh komponen keterampilan dasar mengajar diterapkan oleh guru bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Semarang. Hal tersebut menjadi peluang diadakannya penelitian yang berhubungan dengan keterampilan dasar mengajar guru bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Semarang. Pokok permasalahan yang diteliti adalah keterampilan dasar mengajar apa saja yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsi keterampilan dasar mengajar guru mata pelajaran bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Semarang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Wujud data dalam penelitian ini adalah seluruh hasil pengamatan baik berupa tuturan maupun tindakan yang berkaitan dengan keterampilan-keterampilan dasar mengajar guru mata pelajaran bahasa Jawa SMP Negeri 1 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Jawa SMP Negeri 1 Semarang telah mengimplementasikan tujuh diantara delapan keterampilan dasar mengajar sesuai dengan teori rangkuman dari teori yang dikemukakan oleh beberapa pakar. Keterampilan tersebut yaitu keterampilan bertanya tingkat dasar, keterampilan memberi penguatan, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka pelajaran, keterampilan mengelola kelas, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, dan keterampilan mengadakan variasi. Saran peneliti, hendaknya guru setidaknya menerapkan delapan keterampilan dasar mengajar, dan penelitian “Implementasi Keterampilan Dasar Mengajar Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Semarang” dapat digunakan sebagai bahan penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan dasar mengajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:53
Last Modified: 31 Oct 2013 15:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item View Item