PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SERVIS PADA SISWA KELAS V SDN 2 GONDOSARI KECAMATAN GEBOG KUDUS TAHUN 2012


SUBANDRIYO, 6102910060 (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SERVIS PADA SISWA KELAS V SDN 2 GONDOSARI KECAMATAN GEBOG KUDUS TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SERVIS PADA SISWA KELAS V SDN 2 GONDOSARI KECAMATAN GEBOG KUDUS TAHUN 2012]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN SERVIS PADA SISWA KELAS V SDN 2 GONDOSARI KECAMATAN GEBOG KUDUS TAHUN 2012)
Download (997kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan salah satu faktor yang sangat menunjang tujuan pembelajaran, sebab berkaitan langsung dengan penggunaan pendekatan dan strategi yang tepat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Mengacu hal tersebut peneliti tertarik dengan permasalahan yaitu : Bagaimana cara meningkatkan hasil belajar servis bola voli dengan pendekatan permainan servis pada siswa kelas V SDN 2 Gondosari Gebog Kudus tahun 2012?. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu dengan : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan hasil awal (berupa pendekatan permainan servis bola voli),(3) uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) perbaikan hasil pertama, berdasarkan hasil dari evaluasi dan uji coba kelompok kecil (26 siswa). Perbaikan ini digunakan untuk perbaikan terhadap hasil yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (26 siswa), (6) perbaikan akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir pendekatan permainan servis bola voli bagi siswa kelas V SDN 2 Gondosari Gebog Kudus yang dihasilkan melalui perbaikan uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi, uji coba kelompok kecil (26 siswa kelas V SDN 2 Gondosari Gebog Kudus), dan uji lapangan (26 siswa kelas V). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas, saran untuk perbaikan hasil, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkapkan aspek psikomotorik, kognitif, dan efektif siswa setelah melakukan servis bola voli. Dari hasil penelitian diperoleh data evaluasi yaitu, pembelajaran I 46% (kurang), dan pembelajaran II 88% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan permainan servis bola voli ini dapat digunakan dalam pembelajaran permainan bola voli bagi siswa kelas V SDN 2 Gondosari Gebog Kudus. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru pendidikan jasmani di sekolah dasar untuk menggunakan pendekatan permainan servis pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, khususnya pada permainan bola voli

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, hasil belajar, servis, pendekatan, permainan servis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 16:35
Last Modified: 31 Oct 2013 16:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18349

Actions (login required)

View Item View Item