PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK MENGGUNAKAN METODE P2R DAN QUESTION DENGAN POLA HORIZONTAL PADA SISWA KELAS X.1 MA SALAFIYAH SIMBANGKULON BUARAN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Ishmatul Maula, 2101409172 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK MENGGUNAKAN METODE P2R DAN QUESTION DENGAN POLA HORIZONTAL PADA SISWA KELAS X.1 MA SALAFIYAH SIMBANGKULON BUARAN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK MENGGUNAKAN METODE P2R DAN QUESTION DENGAN POLA HORIZONTAL PADA SISWA KELAS X.1 MA SALAFIYAH SIMBANGKULON BUARAN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CEPAT UNTUK MENEMUKAN IDE POKOK MENGGUNAKAN METODE P2R DAN QUESTION DENGAN POLA HORIZONTAL PADA SISWA KELAS X.1 MA SALAFIYAH SIMBANGKULON BUARAN PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara peneliti dengan guru mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia dan siswa kelas X.1 MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan, peneliti menemukan permasalahan dalam keterampilan membaca cepat khususnya menemukan ide pokok paragraf dalam teks bacaan nonsatra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit). Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana proses pembelajaran menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal pada peningkatan membaca cepat untuk menemukan ide pokok pada siswa X.1 MA Salafiyah Simbangkulon Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013? (2) bagaimana hasil peningkatan membaca cepat untuk menemukan ide pokok menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal? (3) bagaimana perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal? dan (4) bagaimana tanggapan siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal? Tujuan penelitian ini adalah mengamati proses pembelajaran dalam menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal pada peningkatan membaca cepat untuk menemukan ide pokok pada siswa X.1 MA Salafiyah Simbangkulon Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013, mendeskripsikan hasil peningkatan membaca cepat untuk menemukan ide pokok menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal, mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal, dan mendeskripsikan tanggapan siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas mencapai nilai ketuntasan 70. Subjek dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal pada siswa X.1 MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan yang terdiri atas 46 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu data tes dan nontes. Data tes terdiri atas hasil evaluasi siswa, sedangkan hasil nontes terdiri atas pedoman observasi, dokumentasi foto, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada proses pembelajaran membaca cepat untuk menemukan ide pokok paragraf menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal. Hasil peningkatan keterampilan membaca cepat dari prasiklus ke siklus I rata-rata mencapai 52,88% atau 185 kpm mengalami peningkatan sebanyak 4% sehingga menjadi 56,88% atau 199 kpm. Sementara pada siklus II juga mengalami peningkatan sebanyak 21,9% dari ratarata 52,88% menjadi 74,78% atau 261 kpm. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan membaca cepat dari prasiklus, siklus I, dan siklus II mengalami peningkatan hasil yang baik. Adapun hasil dari keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok paragraf berbagai teks nonsastra menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal siswa X.1 MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan dari prasiklus ke siklus I rata-rata siswa mencapai peningkatan 16,85%, sementara dari siklus I ke siklus II rata-rata siswa meningkat mencapai 8,68%. Jika hasil pada keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok dihitung dari prasiklus ke siklus II, mencapai peningkatan sebesar 25,55%. Perubahan perilaku siswa X.1 MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal dari siklus I ke siklus II mencapai peningkatan yang maksimal. Pada siklus I perubahan perilaku siswa masih menunjukkan perilaku negatif, siswa kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Sementara pada siklus II perilaku siswa sudah mengalami perubahan ke arah yang positif. Siswa dalam mengikuti pembelajaran lebih bersemangat dan terlihat sangat antusias, siswa juga sudah bisa memperhatikan penjelasan dengan sungguh-sungguh sehingga suasana kelas menjadi kondusif. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti menyarankan kepada (1) guru sebaiknya mampu menggunakan metode P2R dan question dengan pola horizontal dalam pembelajaran, khususnya keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra; (2) peneliti lain dibidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda sehingga diperoleh berbagai alternatif pembelajaran khususnya dalam keterampilan membaca cepat untuk menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra; (3) sekolah sebaiknya memperhatikan sarana dan prasana di sekolah yang dibutuhkan siswa maupun guru karena dengan sarana dan prasana yang lengkap akan menciptakan suasana yang baik dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan membaca cepat, ide pokok, metode P2R dan question dengan pola horizontal.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 16:35
Last Modified: 31 Oct 2013 16:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18347

Actions (login required)

View Item View Item