PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN PURWODADI GROBOGAN


Eko Herry Utomo, 2303408036 (2013) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN PURWODADI GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN PURWODADI GROBOGAN]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA KELAS X MAN PURWODADI GROBOGAN)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berbicara merupakan salah satu kemampuan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN Purwodadi Grobogan terutama di kelas X1 dan X3 tergolong masih rendah. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi berbicara terkait dengan sistem pembelajaran yang guru terapkan dikelas, karena dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas X belum menggunakan strategi-strategi dan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Oleh karena itu, perlu ada alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab pada siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan media Macromedia flash interaktif dan menyenangkan. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apakah media pembelajaran bahasa Arab berbasis Macromedia Flash Profesional 8 efektif untuk meningkatan kemampuan berbicara siswa di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Grobogan? Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui efektifitas peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah memanfaatkan media pembelajaran bahasa arab berbasis Macromedia Flash Profesional 8 di Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Grobogan. Desain penelitian adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan databerupa tes. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari pre-test ke post-test. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa setiap kelasnya. Pada pre-test kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 66.79 dan post-test mendapat nilai rata-rata 76.42. Pada pre-test kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 68.66 dan post-test mendapat nilai rata-rata 84.74. Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media macromedia flash efektif pada keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas X MAN Purwodadi Grobogan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Macromedia Flash, Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 15:53
Last Modified: 31 Oct 2013 15:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18343

Actions (login required)

View Item View Item