ANALISIS KESALAHAN PEMAKAIAN ISIM DHOMIR PADA MUHADATSAH FILM TUGAS AKHIR MATA KULIAH TAFA’UL ITTISHALIY MAHASISWA BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2010

Ahmad Abdul Qodir Al „Alawiy, 2303408011 (2013) ANALISIS KESALAHAN PEMAKAIAN ISIM DHOMIR PADA MUHADATSAH FILM TUGAS AKHIR MATA KULIAH TAFA’UL ITTISHALIY MAHASISWA BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN PEMAKAIAN ISIM DHOMIR PADA MUHADATSAH FILM TUGAS AKHIR MATA KULIAH TAFA’UL ITTISHALIY MAHASISWA BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2010)
Download (1739Kb)

    Abstract

    Penelitian ini adalah penelitian tentang pemakaian dhomir yang salah (error) pada muhadatsah dalam film berbahasa Arab Unnes tahun 2010 yang dibuat oleh para mahasiswa bahasa Arab Unnes. Penelitian ini diharapkan mampu menggugah kesadaran para dosen untuk memberikan perhatian terhadap para mahasiswanya terkait pemakaian dhomir yang salah dalam bermuhadatsah dan sebagai masukan mahasiswa dan para pembelajar bahasa Arab yang lainnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab mereka dengan menerapkan kaidah dhomir yang benar saat bermuhadatsah. Melalui penelitian ini, peneliti akan memaparkan apa yang menjadi tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis isim dhomir yang salah dalam pemakaiannya pada muhadtsah film tafa‟ul ittishaly. Serta untuk mengetahui analisis dan pembenarannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Analisis kualitatif dalam penelitian ini digunakan ketika peneliti mencari kesalahan, mengklasifikasikan masing-masing kesalahan pemakaian dhomir menurut jenisnya dan menganalisis kesalahan serta memberi pembenaran atas dhomir yang salah yang terdokumentasi dalam 7 film berbahasa Arab yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan purposive sampling. Instrumen yang dipergunakan berupa kartu data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik PUP (Pilah unsur penentu). Hasilnya ditemukan 121 kesalahan. Adapun kesalahan pemakaian isim dhomir tersebut tersebar pada tujuh film yang diteliti yang terdiri dari 7 dhomir rofa‟ munfashil, 7 dhomir rofa‟ muttashil, 8 dhomir nashob muttashil, 22 dhomir jar muttashil, 73 dhomir mustatir wujuban, dan 4 dhomir mustatir jawazan. Adapun kesalahan pemakaian dhomir nashob munfashil tidak terdapat dalam tujuh film tersebut. Sementara berdasarkan analisisnya terdapat sebanyak 121 kesalalahan pemakaian isim dhomir yang terdiri dari 120 kesalahan pemakaian isim dhomir yang tidak sesuai dengan isim yang digantikannya. Dan 1 kesalahan pemakaian dhomir yang tidak sesuai dengan kaidah dhomir terkait. Adapun saran pembenarannya disertai dengan pembenaran jumlah yang dilafadhkan pula agar dapat menjadi mafhum.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Isim Dhomir, Film
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: dina perpustakaan
    Date Deposited: 31 Oct 2013 07:49
    Last Modified: 31 Oct 2013 07:49

    Actions (login required)

    View Item