EFEKTIFITAS MEDIA E LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS XI BAHASA SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA


DEWI FITRIYANI, 2303408007 (2013) EFEKTIFITAS MEDIA E LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS XI BAHASA SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS MEDIA E LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS XI BAHASA SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS MEDIA E LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB KELAS XI BAHASA SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan salah satu kemampuan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa SMA Islam Sudirman Ambarawa terutama di kelas XI Bahasa tergolong masih rendah. Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi menulisterkait dengan sistem pembelajaran yang guru terapkan dikelas, karena dalam pembelajaran bahasa Arab pada kelas XI Bahasa belum menggunakan strategi-strategi dan media pembelajaran yang efektif dan menarik. Oleh karena itu, perlu ada alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab pada siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan media e-learningyang efektif dan menyenangkan. Masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Apakah media e-learning berbahasa Arab efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa SMA Islam Sudirman Ambarawa?. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui efektifitas peningkatan kemampuan menulis siswa setelah memanfaatkan mediae-learning terhadap pembelajaran bahasa arab di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Desain penelitian adalah eksperimen, dengan cara membandingkan hasil kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Teknik pengumpulan databerupa tes. Teknik analisis data adalah uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan dari pre-test ke post-test. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah 27 siswa setiap kelasnya. Pada pre-test kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 63,89 dan post-test mendapat nilai rata-rata 72,4. Pada pre-test kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata 66,11 dan post-test mendapat nilai rata-rata 85,55.Kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media e-learning efektif pada keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas XI Bahasa SMA Islam Sudirman Ambarawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media E Learning, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:20
Last Modified: 31 Oct 2013 11:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18334

Actions (login required)

View Item View Item