PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QOWA’ID SISWA MTs AL ASROR TAHUN AJARAN 2010/ 2011


Ahmad Maslakhudin, 2303406004 (2013) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QOWA’ID SISWA MTs AL ASROR TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QOWA’ID SISWA MTs AL ASROR TAHUN AJARAN 2010/ 2011]
Preview
PDF (PENGGUNAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QOWA’ID SISWA MTs AL ASROR TAHUN AJARAN 2010/ 2011)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran qowa’id di MTs Al Asror masih belum maksimal siswa kesulitan untuk memahami materi qowa’id bahasa Arab. Motivasi belajar siswa juga rendah. Hal inilah yang membuat peneliti ingin melakukan penelitian di kelas tersebut. Permasalahanyang ingin diungkapkan dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah penerapan pembelajaran qowa’id bahasa Arab dengan model kooperatif metode jigsaw di kelas VIII A, (2) bagaimana peningkatan pembelajaran qowa’id setelah mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif metode jigsaw, (3) apa kelebihan dan kekurangan penerapan qowa’id bahasa Arab kooperatif di kelas VIII A dengan metode jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara berdaur terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kenaikan dari siklus I ke siklus II. Rata-rata kelas siklus I 63,99 dan rata-rata siklus II 74,38. Siswa juga menunjukkan perubahan perilaku ke arah positif. Keaktifan siswa semakin meningkat Peningkatan hasil tes juga diikuti dengan perubahan perilaku dan motivasi Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa melalui pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw, pembelajaran qowa’id bahasa Arab menjadi lebih menyenangkan dan lebih memudahkan siswa dalam pembelajaran qowa’id. Saran yang dapat diberikan adalah guru hendaknya lebih kreatif dalam menggunakan teknik dan metode pembelajaran yang melibatkan peran aktif siswa pembelajaran supaya proses pembelajaran mendapatkan nilai maksimal. Salah satu alternatif pembelajaran qowa’id berbahasa Arab yaitu dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Qowa’id, pembelajaran kooperatif, jigsaw
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 31 Oct 2013 11:21
Last Modified: 31 Oct 2013 11:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18331

Actions (login required)

View Item View Item